Catat! Ini Penulisan Kata dalam Bahasa Inggris yang Benar, Jangan Terbalik

Kristina - detikEdu
Jumat, 16 Jul 2021 06:29 WIB
Mother using smart phone and helping daughter with homework at the table in dining room by the window
Catat! Ini Penulisan Kata dalam Bahasa Inggris yang Benar, Jangan Terbalik (Foto: Getty Images/iStockphoto/Kerkez)
Jakarta - Menulis kata dalam bahasa Inggris harus jeli dan teliti. Kesalahan umum yang sering terjadi biasanya saat meletakkan huruf, kurang atau kelebihan huruf, hingga kesalahan membedakan part of speech.

Mempelajari vocabulary bahasa Inggris memerlukan ketelitian. Terkadang, dalam satu kata terdapat beberapa huruf yang dobel seperti huruf s atau r. Contohnya saat menulis kata 'address' biasa salah tulis menjadi 'addres' atau 'adress' bahkan 'addreess'.

Dilansir dari situs University of Illinois Springfield, berikut kata yang membingungkan dalam bahasa Inggris yang sering menjadi kesalahan umum dalam penulisannya.

1. Affect VS Effect

Kata 'Affect' adalah kata kerja (verb) yang berarti mempengaruhi. Sedangkan, kata 'Effect' adalah kata benda (noun) yang artinya hasil. Berikut contoh penggunaan kata tersebut yang benar:

- While the student didn't see how studying affected his test-taking, the positive effects soon became clear.

2. Lie VS Lay

Kata 'Lie' adalah kata kerja (verb) yang artinya berbaring atau terlentang. Sedangkan, kata 'Lay' adalah kata kerja (verb) yang artinya menempatkan atau meletakkan. Penggunaan kata yang benar adalah sebagai berikut:

- Kim lies down to take a nap every day at 3:30 p.m. Before falling asleep, Kim lays her bracelet on the table.

3. Lose VS Loose

Kata 'Lose' adalah kata kerja (verb) yang artinya salah tempat. Sedangkan, kata 'Loose' adalah kata sifat (adjective) yang artinya kendur, bergerak, atau lemah. Berikut penggunaan kata yang benar:

- I always manage to lose my loose-fitting tank top.

4. One Word VS Two Word combos

Kebanyakan orang sering bingung dengan kata yang serupa yang muncul sebagai satu kata atau dua kata. Namun, kata tersebut digunakan dalam konteks terpisah. Jadi, detikers perlu memahami kapan menggunakan kata tersebut.

Contohnya adalah kata 'Anyway' dan 'Any way'. Kata 'Anyway' adalah kata keterangan yang artinya terlepas. Sedangkan kata 'Any way' adalah frasa yang artinya cara atau metode apa pun. Berikut contoh penggunaan kata yang benar:

- I don't want to go to the party, anyway. We could take any way we want to get to the party.

5. Your VS You're

Kata 'Your' adalah kata ganti orang kedua yang posesif. Sedangkan, kata 'You're' adalah kontraksi yang berarti kamu adalah. Berikut contohnya:

- Your clothes will wrinkle if you're not careful with the drying cycle you choose.

6. Who VS Whom

Kata 'Who' kata ganti yang digunakan sebagai subjek kalimat. Sedangkan, kata 'Whom' adalah kata ganti yang digunakan sebagai objek langsung. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

- Who is responsible for the research on this group project? We assigned research to whom for this group project?

7. To VS Too VS Two

Kata 'to' adalah kata depan (preposition) yang menunjukkan arah. Sedangkan, kata 'Too' adalah kata keterangan (Adverb) yang berarti tambahan atau juga. Sementara itu, kata 'Two' adalah angka 2. Berikut contohnya:

- Too many times, students go to their adviser to set up their classes, but only have two of their five classes picked out.

8. Their VS There VS They're

Kata 'Their' adalah kata ganti (pronoun) yang jamak posesif. Sedangkan, kata 'There' adalah kata yang artinya tempat. Sementara itu, kata 'They're' adalah kontraksi yang artinya mereka. Berikut contoh penulisannya:

- Their dog is over there digging through the trash. They're not the most responsible pet owners.

9. That VS Which

Kata 'That' digunakan ketika frasa atau klausa yang mengikutinya diperlukan dalam kalimat. Sedangkan kata 'Which' digunakan ketika frasa atau klausa yang mengikutinya tidak diperlukan. Berikut contohnya:

- Students that fail to thoroughly proofread often miss unnecessary points. Procrastinated papers, which students write often, fail to lead to the desired grades for their classes.

10. Than VS Then

Kata 'Than' adalah konjungsi yang digunakan untuk membandingkan dua hal. Sedangkan, kata 'Then' biasanya merupakan kata keterangan yang menunjukkan waktu. Berikut penulisan yang benar:

- Do you think that Pepsi Cola is better than Coca Cola? We went to the store, and then to a movie.

Selain 10 kata di atas, masih banyak kata dalam bahasa Inggris yang salah penulisannya. Seperti Accept VS Except.



Simak Video "TWICE Akan Rilis Single Bahasa Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia