Suku Asli Negara Australia: Fakta dan Budayanya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 15 Jul 2021 16:00 WIB
Dua warga Australia melakukan ritual tradisional dalam rangka memperingati Hari Anzac. Berikut foto-fotonya.
Foto: Getty Images/Lisa Maree Williams
Jakarta - Suku asli atau penduduk asli Australia merupakan sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang pertama kali mendiami wilayah Australia. Apa suku asli Australia?


Dilansir dari laman resmi Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, suku asli Australia adalah pewaris salah satu tradisi kebudayaan tertua dunia yang masih langgeng.


Mereka telah berdiam di Australia selama lebih dari 40.000 tahun dan mungkin hingga 60.000 tahun. Lantas siapa suku asli Australia?


Berikut ini ulasan tentang suku asli Australia yang dikutip dari laman australia.com.


Suku Asli Australia Adalah ...


Orang Pribumi Australia telah tinggal di daratan luas negeri ini selama puluhan ribu tahun lamanya. Mereka adalah budaya tertua yang masih hidup di dunia, dan identitas serta semangat mereka yang unik tetap ada di setiap sudut negeri ini.


Suku asli Australia adalah suku Aborigin. Mereka pertama kali menempati daratan utama Australia dan Tasmania.


Tak hanya suku Aborigin, Australia juga memiliki pribumi lain yang masuk ke negara bagian Queensland yakni penduduk pribumi Kepulauan Selat Torres.


Meski menjadi pribumi pertama, keberadaan orang Aborigin dan Penduduk Torres Strait Islands mewakili kurang dari empat persen populasi Australia.


  • Filosofi Hidup Suku Aborigin


Di Australia, pemikiran "berada di negeri" menjadi inti filosofi hidup Aborigin. Dalam budaya Aborigin, orang dan tanah menyatu menjadi bagian dari satu sama lain.


Sikap orang Aborigin memiliki sisi lain yang unik dan penuh arti, seperti merasakan garis tipis oker di sepanjang dahi, maupun berjalan di sepanjang pantai dengan tetua Aborigin yang dapat membaca ombak dari kicauan burung.


Meski Budaya Aborigin digambarkan dengan serius dan spiritual, namun orang Aborigin terkenal karena bersahaja.


  • Budaya Suku Aborigin


Budaya Aborigin bersifat holistik, ditentukan oleh hubungannya dengan keluarga, masyarakat, dan negeri.


Orang Aborigin percaya bahwa tanah (atau negeri) adalah sesuatu yang menentukan mereka. Aborigin juga memiliki pandangan yang unik dalam menggambarkan diri mereka berdasarkan tempat asal.


Orang Aborigin dari daerah pesisir menggambarkan diri mereka sebagai "orang air asin", mereka yang berasal dari kawasan sungai adalah "orang air tawar", dan yang berasal dari kawasan tengah yang kering adalah "orang gurun".


  • Bahasa Suku Aborigin


Sebagai suku asli Australia, suku Aborigin dan penduduk Kepulauan selat Torres memiliki bahasa yang membedakan dengan kelompok Australia lainnya.


Bahasa suku Aborigin dikenal dengan bahasa Aborigin. Sementara bahasa penduduk Kepulauan Selat Torres dikenal dengan bahasa Kriol Selat Torres.


Berbeda dengan bahasa nasional yang digunakan orang Australia kebanyakan yakni bahasa Inggris Australia, keberadaan bahasa Aborigin dan Kriol Selat Torres hingga saat ini terus mengalami kepunahan.


  • Makanan Khas Suku Aborigin


Suku asli Australia adalah aborigin menghasilkan banyak keberagaman. Adapun, tersedia berbagai jenis makanan Aborigin dan makanan ala hutan semak. Makanan tersebut dikatakan ala hutan semak karena bersumber dari kedalaman hutan.


Dengan mengamati alam secara saksama, dan mengetahui kapan bunga tertentu mekar, buah matang, dan ikan serta hewan lebih berisi, orang Aborigin telah belajar bertahan selama puluhan ribu tahun.


Pengetahuan terhadap makanan alami tersebut diturunkan dari generasi ke generasi, sehingga generasi sekarang bisa mencicipi makanan ala hutan semak tanpa harus mencarinya sendiri.


Detikers, sudah tahu kan suku asli Australia adalah aborigin?



Simak Video "Australia Perpanjang Lockdown di Sydney Selama Dua Minggu"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia