Mengenal Negara Suriname, Berapa Banyak Orang Jawa di Sana?

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 03 Jul 2021 07:00 WIB
Javanisme di Suriname
Foto: dok. Agustinus Wibowo
Jakarta - Negara Suriname mempunyai ibu kota Paramaribo. Mengutip dari laman resmi Kemlu RI, negara ini merdeka dari Belanda pada 25 November 1975.

Negara tersebut mempunyai jumlah populasi sebesar 586 ribu menurut data World bank di tahun 2019. Kini, kepala negaranya adalah Chandrikapersad Santokhi.

Komoditas ekspor utamanya yaitu emas, batu pecah atau batu tumbuk, aprikot, kayu, beras, sisa skrap dari besi atau baja dilapis timah, ikan beku, kerikil, gavel, juga sisa dan skrap tembaga.

Sedangkan komoditas impornya sendiri adalah mesin, kendaraan bermotor, daging ayam beku, semen, angledozer, buldoser, makanan siap saji, besi baja gulung, dan petroleum.

Melansir dari buku Bunga Rampai dari Suriname ke Tongar karya S. M. Hardjo, pemerintah Hindia Belanda mulai mendatangkan buruh dari Indonesia, khususnya Jawa pada akhir abad ke-19.

Secara geografis, menurut buku Suriname di Mata Diplomat karya D. Supratikto, negara Suriname terletak di ujung utara Amerika Selatan dan berbatasan dengan Guyana di barat, French Guyana di timur, serta Brazil di selatan.

Luas negara ini sedikit lebih besar dari pulau Jawa, yaitu 170 ribu kilometer persegi.

Masih menurut buku tersebut, sebetulnya di negara ini tak hanya terdapat keturunan Jawa. Memang keturunan Jawa paling banyak, tetapi juga ada keturunan Sunda, Madura, Minang, dan Aceh.

Di sana, keturunan Jawa juga bukanlah mayoritas. Jumlah populasinya di sana hanya 15 persen dari total penduduk keseluruhan. Mayoritas etnis di Suriname adalah Hindustani, diikuti Maroon, dan Creole.

Keturunan Jawa di negara tersebut sangat mahir berbahasa Inggris dan Belanda. Di negara Suriname juga terdapat bahasa slank yang dikenal sebagai taki-taki (serapan dari talk-talk dalam bahasa Inggris) yang merupakan campuran bahasa Jawa, Inggris, dan Belanda.



Simak Video "Mandi Keringat, Panen Garam di Tanah Madura, Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia