10 Peluang dan Prospek Kerja Mahasiswa Lulusan Gizi, Apa Saja?

Lusiana Mustinda - detikEdu
Sabtu, 26 Jun 2021 09:00 WIB
Shot of serious young gynecologist giving guidelines to his pregnant patient in the clinic.
Foto: Getty Images/iStockphoto/nensuria
Jakarta - Untuk kamu mahasiswa gizi yang sedang kuliah atau sudah lulus, perlu melihat prospek kerja untuk lulusan gizi. Jurusan ilmu gizi ini memang jadi salah satu yang banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia karena peluang kerjanya cukup besar.

Ilmu gizi adalah salah satu jurusan di bidang kesehatan yang mempelajari segala hal tentang gizi dan nutrisi yang sesuai dan dibutuhkan oleh manusia. Di masa perkuliahannya pun, mahasiswa gizi tak hanya menghitung kalori tetapi juga dibekali dengan mata kuliah kuliner hingga teknologi pangan.

Peluang kerja lulusan gizi juga cukup luas. Ini peluang dan prospek kerja lulusan ilmu gizi:

1. Konsultan Gizi

Prospek kerja lulusan ilmu gizi yang pertama adalah sebagai konsultan gizi. Konsultan gizi tidak hanya dibutuhkan di perusahaan tetapi juga bisa di klinik, rumah sakit serta pusat kebugaran. Perusahaan ini membutuhkan ahli gizi untuk membantu para kliennya mendapatkan konsultan gizi profesional dan berpengalaman.

Misalnya saja di pusat kebugaran, klien atau member dapat berkonsultasi untuk menurunkan berat badan, membentuk massa otot hingga tujuan pembentukan badan lainnya.

2. Ahli Gizi Rumah Sakit

Lulusan ilmu gizi yang sering diketahui adalah bekerja di rumah sakit. Setiap rumah sakit akan membentuhkan beberapa lulusan ilmu gizi. Karena di rumah sakit ada unit instalasi gizi yang akan mengatur menu bagi pasien. Tugas ahli gizi tidak hanya menyiapkan menu makanan pasien saja, tetapi juga membuat menu makanan yang bervariasi namun tetap mengandung gizi seimbang. Hal tersebut tentu disesuaikan dengan kondisi pasien.

Ahli gizi di rumah sakit juga nantinya akan memberikan konseling gizi kepada pasien ketika hendak pulang ke rumah. Dengan harapan pasien dapat mengubah pola makannya sehingga kesehatannya tetap stabil meskipun sudah pulang ke rumah.

3. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Peluang atau prospek kerja ilmu gizi yang lainnya adalah sebagai staf pemerintahan. Mendaftar sebagai pegawai negeri sipil (PNS) kamu bisa bekerja di dinas kesehatan, BPOM hingga rumah sakit milik pemerintah.

Seperti di BPOM, kamu bisa menjadi bagian dari tim yang menentukan apakah suatu produk sudah sesuai untuk mendapatkan izin dari BPOM atau tidak.

4. Staf Lembaga Kesehatan Masyarakat

Kamu juga dapat bekerja sebagai staf di lembaga kesehatan masyarakat. Beberapa contoh lembaga kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia yaitu Puskesmas, Posyandu dan juga klinik. Tugas kamu adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi.

5. Berkarier di Industri Makanan dan Minuman

Lulusan ahli gizi yang berkarier di bidang industri makanan dan minuman memiliki tugas sebagai seorang quality control untuk memastikan keamanan dari makanan dan minuman yang diproduksi. Salah satu tugas yang paling umum adalah mengecek nutrition fact yang nantinya akan dicantumkan dalam label makanan atau minuman yang ingin dipasarkan.

6. Bekerja di Restoran dan Hotel

Peluang atau prospek kerja lulusan gizi salah satunya adalah bisa menjadi crew restoran. Bukan sebagai chef, namun tugas ahli gizi di restoran atau hotel adalah memantau keseimbangan gizi dan juga komposisinya. Sehingga menunya enak bervariasi namun kandungan gizinya lengkap.

7. Pengusaha di Bidang Kuliner

Sebagai lulusan gizi kamu juga bisa berwirausaha. Ketika kuliah sudah dibekali dengan pelajaran kuliner lokal ataupun mancanegara sehingga kamu pasti sudah memiliki dasar-dasar dalam teknik memasak.

Untuk jadi pengusaha yang memiliki bekal ilmu gizi kamu bisa membuka catering sehat ataupun menjual makanan dengan kebutuhan gizi khusus pelanggan.

8. Peneliti

Prospek kerja lainnya adalah sebagai peneliti di bidang gizi. Jika senang dengan dunia akademik kamu bisa menjadi peneliti terkait gizi di masa saat ini ataupun di masa yang akan datang. Penghasilan peneliti juga cukup besar loh.

9. Penulis

Siapa bilang jadi ahli gizi tidak bisa bekerja sebagai penulis? Di era digital seperti ini, tenaga kesehatan termasuk ahli gizi yang memiliki hobi menulis dan tertarik dalam bidang jurnalistik juga bisa bekerja.

Menulis seputar gizi dan juga kesehatan bisa kamu lakukan. Bahkan tak jarang media atau perusahaan yang membutuhkan ahli gizi untuk menulis artikel. Untuk kamu yang hobi menulis dan ingin mencoba peluang karier di bidang jurnalistik boleh dicoba.

10. Bekerja di Sekolah

Saat ini banyak sekolah yang menyediakan fasilitas makan siang untuk anak-anak didiknya. Kamu bisa bekerja di sekolah dengan menyusun menu bergizi. Meskipun saat pandemi ini anak-anak tidak berkunjung ke sekolah, akan tetapi setelah pandemi tentu kebutuhan ahli gizi di sekolah akan sangat dibutuhkan.



Simak Video "Detik-detik Jatuhnya Pekerja Pengecoran di Pelabuhan Merak"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia