Manfaat Wedang Uwuh di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Penjelasan Pakar Unnes

Lusiana Mustinda - detikEdu
Selasa, 22 Jun 2021 09:00 WIB
kampung jawa
Foto: Lusiana Mustinda/dok. detikFood
Jakarta - Wedang uwuh adalah minuman tradisional asal Jogja yang populer. Dalam bahasa Jawa wedang berarti 'minuman' dan uwuh artinya 'sampah'. Memang wedang uwuh ini sering dijuluki dengan minuman sampah.

Disebut minuman sampah karena di dalamnya terdapat banyak rempah. Dalam segelas wedang uwuh berisi jahe, kayu secang, kayu manis, pala, serai, kapulaga dan gula batu. Tentu semua jenis rempah ini dikenal kaya manfaat, termasuk untuk meningkatkan sistem imun.

Pandemi Covid-19 sudah satu tahun lebih menjadi masalah kesehatan yang serius bagi dunia dan juga Indonesia. Saat ini pemerintah terus berupaya untuk penanganan pandemi Covid-19 dengan program vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Dan menegakkan protokol kesehatan juga sangat penting dalam mencegah Covid-19 seperti 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

Selain itu, pola makan sehat dan konsumsi makanan serta minuman yang dapat meningkatkan sistem imun juga sangat penting. Guru besar bidang Ilmu Gizi dan Kesehatan Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof Dr Ari Yuniastuti MKes mengatakan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik sangat penting dalam memerangi Covid-19.

Prof Dr Ari Yuniastuti mengatakan bahwa sistem imun perlu ditingkatkan dalam mencegah Covid-19 melalui modulasi (mengatur) sistem imun tubuh menggunakan imunomodulator untuk meningkatkan pembentukan antibodi dan sitokin serta memperbaiki fungsi fagosistosis.

"Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, seperti mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. Artinya, dengan mengonsumsi imunomodulator, maka akan mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu," jelas Prof Dr Ari Yuniastuti dalam laman Unnes pada (17/06/2021).

Wedang uwuh mengandung tinggi antioksidan dan dapat digunakan sebagai imunomodulator. Dan di situasi pandemi Covid-19 ini wedang uwuh dapat dimanfaatkan sebagai sumber senyawa bioaktif.

"Wedang uwuh merupakan minuman asli Yogyakarta. Wedang Uwuh adalah minuman yang berbahan dasar kayu secang, jahe, daun pala, daun kayu manis, ranting cengkeh, cengkeh, daun cengkeh yang sangat berkhasiat dan menyehatkan tubuh tidak akan lepas dari jenis bahan yang digunakan," tutur Prof Dr Ari Yuniastuti.

Tak hanya dapat dijadikan imunomodulator, bahan-bahan yang ada di dalam wedang uwuh juga bermanfaat sebagai antikanker, antiinflamasi, hingga antibakteri.





Simak Video "Wedang Uwuh, Minuman Kaya Rempah, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia