Huruf Ikhfa Syafawi Ada Berapa? Ini Penjelasannya

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 09 Jun 2021 15:19 WIB
Yayasan Wisata Hati membuka kelas  belajar membaca Al Quran untuk tukang becak di Solo. Kelas belajar membaca Al Quran itu tidak dipungut biaya alias gratis.
Foto: Agung Mardika/Detikcom/Huruf Ikhfa Syafawi Ada Berapa? Ini Penjelasannya
Jakarta - Sebagai kitab suci agama Islam, sudah seharusnya Al Quran dibaca dengan baik dan benar. Dikutip dari Kamus Arab Indonesia yang ditulis Ali Muntahar, cara membaca Al Quran dikenal dengan ilmu tahsin.

Ilmu ini mempelajari kaidah dalam ilmu tajwid, selain memperbaiki dan meningkatkan kualitas bacaan. Tajwid memiliki beberapa hukum, misal mim mati yang terdiri atas beberapa jenis. Salah satunya ikhfa syafawi yang mungkin tidak asing bagi muslim.

Ada berapakah huruf ikhfa syafawi?

Dikutip dari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas VII SMP yang diterbitkan Kementerian Agama, huruf ikhfa syafawi hanya ada satu. Ikhfa syafawi menyebabkan kalimat dibaca dengan cara yang khas.

"Ikhfa syafawi adalah saat mim sukun (ْْمْ) bertemu dengan ba (ب) dengan membunyikan samar-samar di bibir disertai dengungan," tulis buku yang bisa diperoleh di situs https://cendikia.kemenag.go.id tersebut.

Contoh bacaan ikhfa syafawi:

  • لَكُمْ بَهِيْمَةُ
  • وَاٰمَنْتُمْ بِرُسُلِيْ
  • يُعَذِّبُكُمْ بِذُنُوْبِكُمْ
  • فَإِذَا هُم بِٱلسَّاهِرَةِ
  • وَمَا صَاحِبُكُم بِمَجْنُونٍ

Selain ikhfa syafawi, hukum mim mati masih ada dua lainnya. Hukum tersebut adalah izhar syafawi dan idgham mutamasilain atau idgham mimi.

Jika muncul pertanyaan ada berapa huruf ikhfa syafawi, maka hal serupa muncul pada hukum tajwid lainnya. Izhar syafawi berlaku pada semua huruf hijaiyyah Selain mim dan ba. Sedangkan idgham mimi hanya berlaku untuk huruf mim.

Izhar syafawi adalah membaca dengan jelas di bibir dengan mulut tertutup. Untuk idgham mimi, cara membacanya adalah menyuarakan mim rangkap atau di-tasydidkan dengan mendengung.

Simak Video "Silaturahmi Senior Golkar Usai Peresmian Mesjid Baru di Markas Partai"
[Gambas:Video 20detik]
(row/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia