Hukum dan Macam-Macam Bacaan Ikhfa, Yuk Baca Al-Qur'an Sesuai Tajwid!

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 06 Apr 2021 16:11 WIB
Moeslem Woman Reading Al-Quran
Hukum dan Macam-Macam Bacaan Ikhfa, Yuk Baca Al-Qur'an Sesuai Tajwid! ( Ilustrasi Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra)
Jakarta - Ikhfa adalah salah satu hukum bacaan tajwid. Ikhfa artinya menyamarkan atau membunyikan beberapa huruf tertentu ke huruf selanjutnya. Cara membacanya dengan ghunnah atau dengung.

Ikhfa artinya ketika hukum bacaan nun mati (نْ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) dan hukum bacaan mim mati ( مْ ) bertemu dengan beberapa huruf ikhfa. Terdapat beberapa jenis ikhfa yaitu sebagai berikut ikhfa haqiqi dan ikhfa syafawi.

Berikut adalah penjelasan ikhfa yang dikutip dari buku Dasar-Dasar Ilmu Tajwid yang ditulis oleh Dr. Marzuki, M.Ag., Sun Choirol Ummah, S.Ag., M.S.I.

1. Ikhfa Haqiqi

Haqiqi dalam ikhfa artinya adalah menyamarkan atau membunyikan huruf nun mati (نْ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) ke dalam huruf-huruf ikhfa yang ada di awal. Cara membaca ikhfa haqiqi adalah dengan menyamarkan nun mati atau tanwin dengan mendengung sepanjang dua hingga tiga harakat.

Yang termasuk huruf-huruf ikhfa haqiqi adalah kaf ( ك ), qaf ( ق ), fa' ( ف ), zha ( ظ ), tha ( ط ), dhad ( ض ), shad ( ص ), syin ( ش ), sin ( س ), za' ( ز ), dzal ( ذ ), dal ( د ), jim ( ج ), tsa' ( ث ), dan ta' ( ت ). Berikut adalah contoh membacanya:

· وَ مِنْ دُوْنِهِمَا جَنَّتٰنِ

Dibaca: Waminng duunihimaa jannataan

Alasan:Nun mati/sukun (نْ) bertemu dengan huruf dal ( د )

· اِنْ كُنْتُمْ

Dibaca: In kunngtum

Alasan: Nun mati/sukun (نْ) bertemu dengan huruf kaf ( ك )

· بِقَلْبٍ سَلِيْمٍ

Dibaca: Biqalbinng salimin

Alasan: Tanwin ( ـــٍ ) bertemu dengan huruf sin ( س )

2. Ikhfa Syafawi

Syafawi dalam ikhfa artinya adalah menyamarkan atau menyembunyikan huruf mim mati ( مْ ) ke dalam huruf ikhfa syafawi yaitu huruf ba' ( ب ). Cara membacanya adalah dengan membaca mim mati ( مْ ) dan huruf tersebut disamarkan. Tidak ada penekanan dalam yang kuat pada bibir tersebut dan juga membacanya disertai ghunnah atau dengung. Berikut adalah contoh membacanya:

· فَ اِذَاهُمْ بِالسَا هِرَةِ

Dibaca: Faidza hummmng bis sa hi'rah

Alasan:Mim mati/sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf ba' (ب ).

· يَعِظُكُمْ بِهِ

Dibaca: Ya'izhukummmng bihi

Alasan: Mim mati/sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf ba' ( ب )

· تَرْ مِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ

Dibaca: Tar miihimmmbihijaa ratin

Alasan: Mim mati/sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf ba' ( ب ).

Ikhfa artinya, jenis, dan contohnya seperti yang dijelaskan di atas. Jangan sampai salah ya Sahabat Hikmah membaca dengung dalam ikhfa. Jangan lupa untuk menerapkan hukum bacaan tajwid dalam membaca Al-Qur'an agar semakin syahdu di dengar dan menambah pahala.

Simak Video "Panduan Ibadah Tarawih dan Tadarus di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia