Jenis Pekerjaan yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam Pantai

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 04 Jun 2021 17:10 WIB
Sejumlah pengunjung menikmati suasana pantai Batu Bolong di Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Rabu (15/7/2020). Pulau Lombok dan Bali masuk sepuluh pulau terbaik Asia dalam ajang Worlds Best Awards yang dilakukan oleh media global Travel + Leisure berdasarkan hasil survei pembaca terkait aktivitas, pemandangan, atraksi alam, pantai, makanan, keramahtamahan serta evaluasi keseluruhan saat berlibur ke pulau di Asia. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.
Jenis Pekerjaan yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam Pantai (Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Jakarta - Pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya alam pantai di Indonesia, ada cukup banyak jenisnya. Ini karena Indonesia sendiri merupakan negara maritim yang memiliki karakteristik adanya banyak pantai.

Dengan banyaknya pantai di Indonesia, maka potensi sumber daya laut yang dimiliki juga sangat kaya. Mengutip dari buku Geografi: Sebaran dan Pengolahan Sumber Daya kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata yang dikeluarkan oleh Kemdikbud, potensi sumber daya kelautan yang dimiliki oleh Indonesia ada beberapa.

Sumber daya laut adalah unsur hayati dan nonhayati yang ada di wilayah laut, maka yang dimaksudkan juga termasuk area pantai. Potensi-potensi tersebut terdiri dari perikanan, hutan mangrove, terumbu karang, dan padang lamun.

Selain potensi-potensi yang disebut di atas, seperti yang kita tahu, pantai juga memiliki potensi sebagai sumber daya pariwisata. Masih mengutip dari sumber yang sama, Indonesia berada di peringkat ke-4 di Asean dalam sektor pariwisata.

Pantai sendiri merupakan bentuk dari sumber daya pariwisata dalam bentuk wisata alam. Dalam buku yang sama, disebutkan bahwa wisata alam memanfaatkan potensi sumber daya alam baik yang sifatnya masih alami atau sudah dibudidayakan.

Alsan lain kenapa pantai termasuk dalam sumber daya alam dengan potensi wisata alam adalah karena daya tarik atau keunikan lingkungan alamnya. Nah, kini kita sudah mengetahui potensi-potensi sumber daya di area pantai, lantas apa saja jenis pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya alam pantai?

Pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya pantai antara lain:

1. Nelayan

Indonesia mempunyai potensi pesisir yang besar dalam bidang perikanan laut. Masih menurut rujukan sebelumnya, di wilayah Indonesia barat banyak ditemukan jenis ikan pelagis kecil, sedangkan di Indonesia bagian timur, banyak ditemykan ikan pelagis besar, cakalang, dan tuna.

Sukardi melaksanakan shalat di tengah laut dalam perjalanan menuju Indramayu.Nelayan Indramayu yang merupakan salah satu pekerjaan sumber daya alam pantai. Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA

2. Budidaya ikan

Selain profesi nelayan, penduduk Indonesia di wilayah pesisir juga banyak yang membudidayakan ikan. Jenis yang umumnya dibudidayakan di wilayah pesisir adalah ikan bandeng serta udang.

Selain lobster, ikan napoleon juga menjadi salah satu hasil laut andalan dari Natuna. Yuk, lihat proses budidaya ikan tersebut.Selain lobster, ikan napoleon juga menjadi salah satu hasil laut andalan dari Natuna. Yuk, lihat proses budidaya ikan tersebut. Foto: Agung Pambudhy

3. Petani Garam

Tak hanya budidaya ikan bandeng serta udang, di wilayah pantai, pekerjaan sebagai petani garam juga umum dilakukan. Garam yang dihasilkan ini kemudian dipasok ke berbagai penjuru daerah.

Petani garam di Desa Bunder, Pademawu, Pamekasan, Jawa Timur.Petani garam di Desa Bunder, Pademawu, Pamekasan, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRI

4. Jasa di sektor pariwisata

Hamparan terumbu karang yang indah di berbagai pantai di Indonesia memiliki manfaat ekonomis bagi penduduk yang tinggal di sekitarnya. Penduduk di wilayah pantai umumnya membuka jasa mulai dari persewaan untuk snorkeling hingga usaha persewaan penginapan.

Penanganan COVID-19 di Raja Ampat.Pariwisata di kawasan pantai. Foto: (libertpadjo/d'Traveler)

5. Pedagang

Selain membuka jasa, jenis pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya pantai adalah pedagang. Profesi pedagang yang dimaksud adalah pekerjaan menjajakan hasil laut maupun usaha rumah makan yang bahan-bahannya diperoleh dari sumber daya hayati di wilayah pantai tersebut.



Simak Video "BKSDA Jambi Amankan Buaya 4 Meter yang Dipelihara Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia