Soal Matematika Kelas 6 yang Dipelajari

Tim detikEdu - detikEdu
Rabu, 02 Jun 2021 13:00 WIB
Happy schoolgirl preschool girl with book near school board blackboard
Soal Matematika Kelas 6 yang Dipelajari (Ilustrasi: Foto: iStock)
Jakarta - Detikers sedang mencari soal matematika kelas 6 yang dipelajari pada tahun ini? Atau mungkin tengah mencari contoh soal untuk mata pelajaran lain untuk kalas-kelas tertentu?

Ya, detikers pasti sangat mengetahui saat menempuh pendidikan atau sekolah banyak mata pelajaran yang harus dipelajari sehingga harus dapat dikuasai? Bahkan berbagai mata pelajaran tersebut tidak hanya dipelajari saat masih di tingkat Sekolah Dasar (SD), namun hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Semua mata pelajaran tersebut itu dipelajari tentunya karena ilmunya yang penting untuk para siswa dan siswi, yang mana bisa saja di masa yang akan datang ilmu-ilmu tersebut akan sangat berguna untuk siswa-siswi yang mempelajarinya.


Salah satu mata pelajaran yang terpenting di sekolah adalah matematika. Terutama untuk siswa-siswa yang berada di kelas akhir seperti kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA. Mata pelajaran ini penting karena termasuk ke dalam mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional (UN) selain Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Meskipun pada tahun ini UN sudah ditiadakan dan diganti dengan lainnya, namun mempelajari semua materi pelajaran seperti matematika tetaplah penting. Tidak hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus, namun juga untuk bertambah ilmu. Maka dari itu, detikers yang masih sekolah ataupun mempunyai saudara masih sekolah baik di tingkat akhir atau bukan, tetap harus belajar mata pelajaran matematika maupun yang lain dengan sungguh-sungguh.

Pada kesempatan yang kali ini, di artikel ini akan membahas mengenai materi pelajaran matematika kelas 6 SD. Tentunya ada cukup banyak materi pelajaran matematika yang harus untuk dipelajari oleh siswa kelas 6 Sekolah Dasar. Nah pastinya pada setiap materi tersebut, terdapat soal matematika kelas 6 yang dikerjakan sebagai latihan dan juga pengukur siswa dan siswi apakah sudah memahami materi yang diberikan. Untuk itu, di sini akan membahas singkat mengenai beberapa materi tersebut dan contoh soalnya.

Apakah detikers sudah penasaran? Berikut ini pembahasannya untuk detikers.

Beberapa Materi Mata Pelajaran Matematika Kelas 6 SD

1. Operasi Hitung Bilangan Bulat


Materi yang akan dipelajari di bab ini seperti menggunakan berbagai sifat operasi hitung bilangan bulat, operasi hitung campuran, FPB-KPK di dua bilangan, FPV-KPK di tiga bilangan, akar pangkat tiga bilangan kubik, menyelesaikan masalah melibatkan operasi hitung termasuk pemakaian akar, pangkat.

2. Pengukuran Volume Per Waktu

Beberapa hal yang dipelajari di materi ini seperti mengetahui tentang satuan volume, operasi hitung satuan waktu, dan lain-lainnya.

3. Menghitung Luas

Di materi ini yang akan dipelajari seperti menghitung luas bangun datar, segi banyak, lingkaran dan menentukan volume prisma segitiga dan tabung.

4. Mengumpulkan dan Mengolah Data

Beberapa yang dipelajari di materi ini seperti mengumpulkan serta membaca data, mengolah serta menyajikan data pada tabel, dan menafsirkan data.

Masih ada cukup banyak lagi materi pelajaran matematika yang dipelajari siswa-siswi kelas 6 SD. Nah, setelah mengetahui beberapa di antaranya, detikers juga harus tahu contoh-contoh soal matematika kelas 6. Berikut contoh-contoh tersebut:

Beberapa Contoh Soal Matematika Kelas 6

1. Bilangan terkecil dari bilangan-bilangan -7, -18, 2, 6 adalah:

2. 2 x (10 - 5) =

3. Sebuah taman berbentuk persegi kelilingnya 96 m. Luas taman itu adalah

a. 9216 m2
b. 9215 m2
c. 576 m2
d. 575 m2

Nah, demikianlah pembahasan di sini mengenai beberapa materi pelajaran matematika kelas 6 Sekolah Dasar (SD) dan beberapa contoh soalnya. Jangan lupa belajar matematika ya detikers, agar bisa menguasainya dan lebih banyak ilmunya.

Simak Video "Fungsi Unik Setiap Ruang di Pondok Pesantren Goib Turen Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia