Mendidik Anak Sejak dalam Masa Kandungan Dalam Perspektif Islam

Tim detikEdu - detikEdu
Sabtu, 29 Mei 2021 18:01 WIB
couple pregnant read quran together at home
Mendidik Anak Sejak dalam Masa Kandungan Dalam Perspektif Islam (Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto)
Jakarta - Tahukah detikers bahwa mendidik anak sejak dalam masa kandungan juga penting untuk mencetak generasi unggul? Semenjak janin masih dalam kandungan, janin mulai melewati masa proses belajar. Hal ini karena selama masa dikandung, indera pendengaran dan otak anak mulai berkembang. Mereka mulai merasakan apa yang terjadi di luar kehidupan mereka dalam Rahim.

Mempersiapkan pendidikan anak sejak masa kandungan


Masa mendidik anak dimulai semenjak masa pembuahan hingga proses lahir. Proses mendidik anak secara tidak langsung meliputi hal berikut:

1. Seorang ibu mendoakan anak agar sehat hingga masa persalinan

2. Seorang ibu menjaga kehamilan dengan makan makanan yang mengandung nutrisi yang baik serta halal.

3. Mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan kewajiban ibadah wajib maupun sunnah.

4. Memperdengarkan tilawah atau musik klasik. Ketika anak berumur 4 bulan maka mulai perdengarkan alunan ayat-ayat suci Al-Quran ataupun sholawat. Selain itu, musik klasik juga dipercayai dapat mengasah otak kanan anak.

5. Keadaan emosional seorang ibu selama masa prenatal menjadi sangat penting karena memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan janin. Seorang ibu yang mengalami kecemasan, depresi ataupun emosi dapat mengganggu aliran darah ke kandungan sehingga menghambat pernafasan janin.

Metode Mendidik Anak Dalam kandungan

Mendidik anak semenjak dalam masa kandungan bukan berarti agar anak pandai terhadap apa yang diajarkan namun lebih kepada sebagai stimulus. Stimulus ini kemudian diproses secara edukatif di dalam kandungan melalui sang ibu. Rangsangan tersebut kemudian diharapkan memberikan respon balik dari anak di dalam kandungan.

1. Metode Doa


Doa merupakan unsur ampuh yang akan mengantarkan kesuksesan. Hal ini dikarenakan semua upaya yang dilakukan berujung pada Allah yang berhak untuk menentukan hasil akhir. Sebagai muslim, berdoa berarti memberikan semangat optimisme untuk meraih cita-cita dan harapan.

2. Metode Ibadah

Segala bentuk ibadah yang dilakukan oleh ibu akan memberikan pengaruh luar biasa kepada anak. Selain memberikan pengaruh bagi anak sebagai aplikasi kebiasaan kegiatan beribadah juga berguna untuk menguatkan mental, spiritual dan keimanan anak setelah lahir nanti hingga dewasa.

3. Metode membaca dan menghafal

Membaca buku akan memberikan informasi untuk semua ilmu pengetahuan. Anak dalam kandungan berusia 20 minggu sudah bisa menyerap informasi melalui sensai atau rangsangan stimulus yang diberikan oleh sang ibu.
Metode menghafal kurang lebih sama dengan teknik membaca. Namun ibu memberikan konsentrasi lebih dan mengulang-ulang bacaan hingga benar-benar hafal.

4. Metode Dzikir

Dzikir merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dalam waktu tertentu oleh mukmin yang memiliki keteguhan pada tali agama. Dzikir berarti mengingat keagungan Allah serta menumbuhkan kesadaran untuk selalu menyandarkan hidup dalam lindungan Allah.

5. Metode Dialog

Metode ini juga disebut sebagai metode interaktif dari anak di dalam kandungan dengan orang di sekitar seperti saudara bayi, ayah, ibu, ataupun anggota keluarga lain. Metode dialog ini mengharapkan partisipasi dari seluruh unsur anggota keluarga untuk melakukan interaksi dengan anak secara dialogis. Metode ini sangat bermanfaat bagi bayi karena dapat merangsang bayi untuk berinteraksi dan berkomunikasi serta mengenal dengan orang di sekitar di luar Rahim.



Manfaat Mendidik Anak Semenjak Dalam Kandungan

Terdapat begitu banyak manfaat yang didapat dari pendidikan sebelum lahir atau dalam kandungan kepada bayi. Berikut adalah beberapa manfaat di antaranya bayi yang diberikan stimulus semenjak dalam kandungan umumnya memiliki motivasi lebih untuk belajar dan menjadi pribadi yang perhatian dan kasih sayang.

Simak Video "Hotman Paris Cari Anak Awak KRI Nanggala, Ingin Bantu Pendidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia