Pengertian Invers Matriks dan Istilah-Istilahnya

Tim detikEdu - detikEdu
Minggu, 09 Mei 2021 07:54 WIB
Lecture room or School empty classroom with Student taking exams, writing examination for studying lessons in high school thailand, interior of secondary education, whiteboard. educational concept
Pengertian Invers Matriks dan Istilah-Istilahnya (Ilustrasi: Foto: iStock )
Jakarta - detikers yang kelas 12 pasti sudah tidak asing lagi dengan invers matriks, bukan? Atau justru pusing mikirin metode matematika yang satu ini? Tenang, detikers nggak usah pusing, kita bakal bahas tentang invers matriks dan istilah-istilahnya secara lebih lengkap.

Pengertian Invers Matriks

Invers matriks merupakan salah satu metode yang bisa detikers pakai untuk menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel. Cara penyelesaian dengan metode ini adalah menggunakan tabel yang terdiri dari variabel tersebut, sehingga penghitungannya pun lebih mudah.



Banyaknya variabel dalam matriks turut mempengaruhi jenis matriks itu sendiri. Dilansir dari Quipper, sebuah matriks juga memiliki sebuah ordo (m x n), detikers. Metode penyelesaian dengan invers matriks melahirkan beberapa istilah penting. Seperti matriks persegi, matriks nol, matriks diagonal, dan masih banyak lagi.

Istilah dalam Invers Matriks yang Harus detikers Ketahui

Biar nggak bingung waktu ngerjain soal dengan metode matriks, kenalan dulu, yuk, sama beberapa istilah berikut ini.

Matriks Persegi
detikers tahu nggak kenapa sebuah matriks bisa disebut matriks persegi? Betul banget, matriks persegi ini punya jumlah elemen yang sama pada baris dan kolomnya. Bentuknya pun juga menyerupai bujur sangkar dengan diagonal utama dan diagonal sekunder.

Matriks Baris
Sesuai dengan namanya, matriks baris hanya terdiri dari satu baris saja. Ordo dari matriks jenis ini adalah A1xn. Contoh dari matriks baris adalah A = [3 -1 5 0] dan B = [2 0].

Matriks Nol
Jika matriks baris hanya terdiri dari satu baris, maka seluruh elemen pada matriks nol adalah bilangan nol. Sebab itu, notasi dari matriks nol adalah 0mxn.

Matriks Kolom
Istilah ini kebalikan dari matriks baris. Karena matriks kolom hanya punya 1 kolom saja, detikers. Ordo dari matriks kolom adalah m x 1.

Matriks Identitas
Matriks identitas atau matriks satuan punya diagonal yang sama. Yakni bernilai satu. Simbol dari matriks jenis ini adalah | miring (|).

Transpos Matriks
Istilah ini merujuk pada matriks baru yang didapat dengan menukarkan letak baris dan kolom pada matriks sebelumnya. Simbol dari transpos matriks adalah aksen atau T pada bagian atas matriks sebelumnya.

Matriks Skalar
Elemen diagonal dari matriks skalar ini punya nilai yang sama, detikers. Makanya a11 = a22 = ......... = amn = k. Nilai k dari matriks skalar ini bernilai sembarang.

Invers Matriks
Terakhir ada invers matriks yang merupakan sebuah kebalikan dari kedua matriks. Jika matriks dikalikan, maka hasilnya adalah matriks persegi. Cara membedakan invers matriks dengan jenis lainnya cukup mudah. Karena simbol dari invers matriks ini adalah pangkat -1 di atas hurufnya, detikers.

Contohnya, matriks A adalah invers dari matriks B. Maka penulisannya adalah A = B-1. Atau matriks B adalah invers matriks A. Maka penulisannya jadi B = A-1.
Untuk mendapatkan invers matriks berordo 2, ada tiga cara yang bisa detikers pakai. Pertama, tukar elemen-elemen pada diagonal utama. Kedua, berikan tanda negatif pada elemen-elemen lainnya. Dan terakhir, bagilah setiap elemen dengan determinannya.

Bagaimana, detikers, sudah punya gambaran tentang materi invers matriks dalam Matematika? Sebenernya invers matriks bukan soal rumit kalau detikers tahu rumus dan istilah-istilahnya. Sebab itu, biar nggak bingung lagi, pahami rumusnya dan asah kemampuan dengan mengerjakan soal-soal latihan.



Simak Video "Ketika Matematika dan Musik Bersatu dalam Harmoni"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia