Belajar Seni Rupa Terapan

Tim detikEdu - detikEdu
Sabtu, 08 Mei 2021 13:32 WIB
Desa Plumpungrejo, Kecamatan Kademangan, Blitar, Jatim, merupakan salah satu sentra membuatan gerabah. Gerabah jadi kerajinan turun temurun dan menjadi sumber penghasilan.
Ilustrasi Belajar Seni Rupa Terapan (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Seni adalah salah satu karya yang bisa dihasilkan dengan berbagai hasil bentuk. Baik itu sebuah nyanyian, gambaran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada juga beberapa jenis seni yang salah satunya adalah seni rupa terapan atau applied art.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa khususnya terapan adalah karya seni rupa yang bisa digunakan dalam kehidupan setiap hari. Di mana seni rupa ini punya banyak fungsi nilai yang cukup penting. Adapun untuk fungsi dari karya seni rupa ini sendiri akan dibedakan menjadi 2. Baik fungsi estetis dan juga praktis.



Seni rupa ini juga dinamakan dengan applied art adalah seni rupa yang sengaja digunakan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan. Sehingga, nantinya karya ini cenderung akan mengutamakan faktor pemakaian keindahan bahkan nilai artistiknya.

Membuat karya seni ini dinilai lebih rumit jika dibandingkan dengan karya seni rupa murni. Karena membuat seni rupa murni ini sifatnya lebih bebas. Bahkan Anda juga tidak membutuhkan banyak fungsi dibandingkan dengan karya seni terapan sendiri.

Mengenal Sejarah Seni Rupa Terapan

Selain mengenal pengertiannya, Anda juga disarankan untuk paham tentang sejarah dari seni rupa terapan. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita menggunakan kapak yang terbuat dari batu dan tulang untuk digunakan berburu.

Sedangkan untuk seni terapan ini perkembangannya bahkan cukup pesat di Indonesia. Di mana nenek buyut kita menggunakan logam untuk menjadi salah satu senjata bahkan perhiasan di masanya. Sebagai beberapa contohnya adalah bejana, nekara, moko, dan peralatan dapur atau yang lainnya.

Karya seni terapan ini juga seringkali disebut sebagai seni rupa aplikatif. Karya seni ini memiliki bentuk fungsional yang bisa digunakan dalam kegiatan setiap harinya. Bentuknya bisa berupa perhiasan, pakaian, perabot rumah tangga, perlengkapan makan dan lain sebagainya.

Mengenal Jenis Seni Rupa Terapan

Setelah mengetahui pengertian serta sejarah dari seni rupa tersebut, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Di mana beberapa jenis seni terapan ini sendiri di antaranya adalah:

  1. Seni arsitektur. Hal ini adalah benda yang berbentuk bangunan, gedung, tempat ibadah dan lain sebagainya.
  2. Seni dekorasi. Di mana seni rupa yang berbentuk untuk menghias sebuah tempat, ruangan, panggung dan lain sebagainya.
  3. Seni grafis. Di mana seni ini punya fungsi sebagai salah satu media komunikasi dalam bentuk gambar.
  4. Seni ilustrasi. Di mana seni ini memiliki beberapa bentuk baik itu gambar, foto dan lainnya. Bahkan contohnya bisa dengan buku-buku maupun bacaan.

Mengenal Unsur dan Seni Rupa Terapan

Di dalam seni terapan ini, ada beberapa unsur yang harus Anda ketahui. Di mana untuk beberapa unsur seni rupa khususnya seni terapan ini diantaranya sebagai berikut ini:

  • Berdasarkan Bentuk

Karya seni ini adalah karya seni yang terbagi berdasarkan bentuknya. Untuk beberapa contohnya adalah rumah adat, senjata tradisional, transportasi dan lain sebagainya.

  • Berdasarkan Corak

Biasanya, karya seni ini masih memiliki sifat tradisional. Namun, ada juga sejumlah pola hias yang mengalami pengembangan. Akan tetapi, masih termasuk sebagai karya Nusantara. Di mana biasanya juga mengambil beberapa objek seperti flora, fauna, dan lain sebagainya.


Di dalam corak ini, juga ada beberapa bentuk yang harus Anda ketahui. Seperti bentuk abstrak, bentuk geometris, stilasi, deformasi, visual realistis.


Selain seni rupa terapan, masih ada banyak jenis seni lainnya yang bisa Anda pahami. Salah satunya adalah seni rupa murni. Di mana seni rupa murni ini juga memiliki beberapa fungsi, jenis, contoh dan lain sebagainya.

Simak Video "Keren! Halte Bus dan Stasiun MRT di Sudirman-Thamrin Berhias Seni Rupa"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia