Tak Hanya Bugis, Ini Macam Suku bangsa yang Berasal dari Sulawesi Selatan

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Selasa, 04 Mei 2021 07:00 WIB
Wisatawan berfoto di objek wisata Batutumonga di Kecamatan Sesean, KabupatenToraja Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (31/3/2021). Dunia pariwisata Toraja Utara mulai menggeliat kembali setelah sempat lesu dilanda Pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Spedy Paereng/wsj.
Toraja adalah salah satu suku bangsa yang berasal dari Sulawesi Selatan (Foto: ANTARA FOTO/Spedy Paereng)
Jakarta - Sulawesi Selatan adalah provinsi di timur Indonesia dengan Makassar sebagai ibukotanya. Ada beberapa suku bangsa yang berasal dari Sulawesi Selatan, salah satunya yaitu suku Bugis.

Provinsi ini berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di utara, Teluk Bone dan Sulawesi Tenggara di timur, Selat Makassar di barat, dan Laut Flores di selatan.

Pada Mei 2010, jumlah penduduk di Sulawesi Selatan yang terdaftar adalah sebanyak 8.032.551 jiwa. Dengan pembagiannya 3.921.543 orang laki-laki dan 4.111.008 orang perempuan.

Penduduk Sulawesi Selatan mayoritas beragama Islam, kecuali di Kabupaten Tana Toraja dan beberapa wilayah lainnya yang beragama Kristen.

Suku Bangsa yang Berasal dari Sulawesi Selatan


Demografis yang tinggi menunjukkan bahwa Provinsi Sulawesi Selatan dihuni oleh berbagai suku bangsa. Selain suku bangsa asli Sulawesi Selatan, banyak juga suku pendatang seperti Jawa dan Tionghoa yang menetap di sini.

Lalu, apa saja suku bangsa yang berasal dari Sulawesi Selatan?

Suku bangsa daerah Sulawesi Selatan diantaranya adalah suku Bugis, Makassar, Mandar, Toraja, Duri, Pattinjo, Bone, dan masih banyak lagi.

Suku Bugis

Suku Bugis merupakan suku asli yang banyak mendiami daerah Sulawesi Selatan. Bahasa Bugis juga paling banyak dituturkan di provinsi ini.

Berdasarkan sensus penduduk Indonesia tahun 2000, populasi orang Bugis sekitar 6 juta jiwa.

Kini, orang Bugis banyak juga yang menyebar di berbagai provinsi di Indonesia, seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Papua, Jakarta, Jambi, Riau, dan lain-lain. Jiwa perantau masyarakat Bugis membuat mereka banyak merantau ke mancanegara.

Mayoritas orang suku Bugis menganut agama Islam yakni sekitar 99%. Islamisasi telah mengakar kuat, meski ada sebagian kecil yang menganut kepercayaan tradisional Tolotang dan Kristen.

Suku Bugis banyak bekerja sebagai petani dan nelayan karena tempat tinggal mereka di dataran rendah yang subur dan pesisir. Selain itu, ada juga yang menjadi pedagang, atau menekuni bidang pemerintahan dan pendidikan.

Ciri khas suku Bugis adalah penggunaan pakaian adat yang disebut baju Bodo. Baju ini terbuat dari bahan kain Muslin dengan rongga dan jarak benang yang renggang, sehingga cocok dikenakan di daerah tropis atau daerah beriklim panas.

Suku Makassar

Suku Makassar adalah nama Melayu untuk sebuah etnis yang mendiami pesisir selatan Pulau Sulawesi. Lidah Makassar menyebutnya Mangkasara, yang berarti "Mereka yang Bersifat Terbuka".

Etnis Makassar memiliki jiwa penakluk namun demokratis dalam memerintah, gemar berperang, dan jaya di laut.

Banyak yang mengira bahwa Makassar identik dan serumpun dengan suku Bugis. Padahal dari segi linguistik, bahasa Makassar dan bahasa Bugis itu berbeda. Bahasa Makassar adalah rumpun bahasa yang dipertuturkan di daerah Makassar dan sekitarnya.


Suku Toraja

Selanjutnya, suku bangsa yang berasal dari Sulawesi Selatan ini terkenal akan wisata dan adatnya. Suku Toraja menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan.

Dengan populasi sekitar 1 juta jiwa, mayoritas suku Toraja memeluk agama Kristen. Meski ada juga yang Islam serta menganut kepercayaan animisme Aluk To Dolo.

Suku Toraja dikenal dengan ritual pemakaman, rumah adat tongkonan, dan ukiran kayunya. Ritual pemakaman suku Toraja adalah peristiwa sosial penting yang dihadiri ratusan orang dan diadakan selama beberapa hari.

Sebelum abad ke-20, suku Toraja yang tinggal di desa umumnya menganut animisme dan belum tersentuh dunia luar. Namun setelah semakin terbuka pada dunia luar di tahun 1970-an, Kabupaten Tana Toraja menjadi lambang pariwisata Indonesia.


Suku Duri

Suku Duri adalah salah satu suku bangsa yang mendiami Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Permukiman suku ini berbatasan dengan Tana Toraja.

Islam adalah agama yang dianut sebagian besar orang suku Duri. Meski ada juga orang Duri yang mempertahankan agama kepercayaan tradisional mereka.

Masyarakat suku Duri hampir seluruhnya berprofesi sebagai petani, meski sebagian lagi juga mengurus tanaman, memelihara hewan ternak, dan membuat kerajinan.

Suku ini menuturkan bahasa Duri sebagai percakapan sehari-hari mereka.

Itulah beberapa suku bangsa yang berasal dari Sulawesi Selatan. Apakah kamu berniat mengunjungi salah satunya, detikers?



Simak Video "Berfoto di Spot Mistis Sekaligus Eksotis di Goa Londa, Toraja"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia