Kisah 25 Nabi

Kisah Nabi Yunus: Dilempar ke Laut dan Ditelan Ikan Paus

Rahma I Harbani - detikEdu
Jumat, 23 Apr 2021 03:30 WIB
Kisah nabi
Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/Kisah Nabi Yunus: Dilempar ke Laut dan Ditelan Ikan Paus
Jakarta -

Salah satu kisah nabi yang dapat kita teladani adalah kisah Nabi Yunus AS. Dikisahkan dalam sebuah buku Kisah Para Nabi yang ditulis oleh Ibnu Katsir, Nabi Yunus pergi meninggalkan kaumnya dalam keadaan marah karena kaumnya, kaum Ninawa, tidak mau diajak beriman pada Allah SWT. Kaumnya tidak mau menerima dakwah Nabi Yunus.

Kemudian ia menaiki sebuah kapal laut berlayar ke negeri Terbis. Namun, kapal tersebut diketahui melebihi daya muat maksimal hingga akhirnya kapal menjadi oleng dan hampir tenggelam. Ditambah dengan angin yang bertiup kencang serta ombak yang mulai menggulung lautan.

Beberapa barang berat sudah dilemparkan ke lautan, namun sayangnya hal itu terlalu mengurangi beban muatan kapal. Hingga akhirnya, nahkoda kapal pun meminta salah seorang penumpang harus keluar dari kapal, seperti yang dikutip dari Tafsir Al-Azhar karya Hamka.

Akhirnya dilakukan undian, nama Nabi Yunus keluar hingga ketiga kalinya dan Allah berfirman dalam QS. Ash-Shaffat: 139-142 yang berbunyi:

(139) وَإِنَّ يُونُسَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ
(140) إِذْ أَبَقَ إِلَى ٱلْفُلْكِ ٱلْمَشْحُونِ
(141) فَسَاهَمَ فَكَانَ مِنَ الْمُدْحَضِينَ
(142) فَالْتَقَمَهُ الْحُوتُ وَهُوَ مُلِيمٌ

Artinya: "Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul. (Ingatlah) ketika ia lari ke kapal yang penuh muatan, kemudian ia ikut berundi, lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian. Lalu ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela." (QS. Ash-Shaffat: 139-142).

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia