Kisah 25 Nabi

Kisah Nabi Ayyub AS: Diuji dengan Sakit dan Ditinggalkan Keluarga

Kristina Ina - detikEdu
Minggu, 18 Apr 2021 03:30 WIB
Kisah nabi
Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/Kisah Nabi Ayyub AS: Diuji dengan Sakit dan Ditinggalkan Keluarga
Jakarta - Nabi Ayyub AS merupakan utusan Allah SWT yang menjadi tauladan kesabaran dalam menghadapi cobaan hidup. Seluruh harta kekayaannya diambil oleh Allah SWT termasuk keturunannya.

Kisah nabi Ayyub AS diceritakan dalam Al Quran pada Surat Al Anbiya dan juga Surat Shad.

Dikisahkan bahwa Nabi Ayyub AS mendapatkan ujian dari Allah SWT berupa sakit kulit. Beberapa riwayat mengatakan sakit yang diderita Nabi Ayyub AS semacam penyakit kusta. Beberapa riwayat lain mengatakan penyakit itu menular. Hingga banyak orang yang menjauhinya.

Allah berfirman dalam Q.S Al-Anbiya ayat 83,

۞ وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِىَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: "(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang".

Kesabaran Nabi Ayyub AS Menghadapi Ujian

Dikutip dari buku Kisah Luar Biasa 25 Nabi dan Rasul, Nabi Ayyub AS merupakan sosok yang pandai, bersih, sopan, dan bijaksana. Dia dikenal sangat kaya raya karena memiliki banyak ternak dan lahan yang luas.

Kekayaannya tidak menjadikan ia sombong. Justru, Nabi Ayyub AS menggunakan hartanya untuk menolong sesama. Ia selalu beryukur atas nikmat Allah SWT dan tidak pernah lepas dari zikir.

Pada suatu ketika, iblis merasa tidak senang atas keshalehan Nabi Ayyub AS. Ia meminta izin kepada Allah untuk mengetahui keimanan Nabi Ayyub AS.

Atas izin Allah SWT, iblis pun mengumpulkan bala tentaranya dan membakar seluruh harta kekayaan yang dimiliki Nabi Ayyub AS.

Nabi Ayyub AS tetap bersabar. Kemudian iblis mencelakakan keturunan Nabi Ayyub AS hingga tidak ada yang tersisa. Sampai akhirnya iblis menggoda dengan datangnya penyakit.

Nabi Ayyub AS menerima semua ujian dengan penuh kesabaran. Bahkan tidak pernah meninggalkan sholat dan dzikir.


Dirawat oleh Istri

Semasa sakit Nabi Ayyub AS dirawat oleh istrinya, Siti Rahmah. Bahkan ia berjanji untuk tidak pernah meninggalkan Nabi Ayyub AS sampai akhir hayatnya.

Pada suatu ketika, istri nabi Ayyub AS terlambat pulang ke rumah hingga membuatnya marah. Lalu ia bernadzar akan mencambuk istrinya sebanyak 100 kali apabila ia sudah sembuh.

Nabi Ayyub AS terus bersabar dan berdoa kepada Allah SWT atas kesembuhannya. Hingga Allah SWT mengabulkan doanya dan memberikan kesembuhan serta dikembalikanlah harta bendanya. Allah SWT berfirman dalam Q.S Shad ayat 41-

وَٱذْكُرْ عَبْدَنَآ أَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِىَ ٱلشَّيْطَٰنُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ

Artinya:" Dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhan-nya: "Sesungguhnya aku diganggu syaitan dengan kepayahan dan siksaan". (Q.S Shad: 41)

ٱرْكُضْ بِرِجْلِكَ ۖ هَٰذَا مُغْتَسَلٌۢ بَارِدٌ وَشَرَابٌ

Artinya:" (Allah berfirman): "Hantamkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum". (Q.S Shad: 42)

وَوَهَبْنَا لَهُۥٓ أَهْلَهُۥ وَمِثْلَهُم مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنَّا وَذِكْرَىٰ لِأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ

Artinya: "Dan Kami anugerahi dia (dengan mengumpulkan kembali) keluarganya dan (Kami tambahkan) kepada mereka sebanyak mereka pula sebagai rahmat dari Kami dan pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai fikiran." (Q.S Shad: 43)

Setelah sembuh Nabi Ayyub AS tidak tega untuk menghukum istrinya atas nadzar yang pernah ia ucapkan. Akhirnya Allah SWT memberikan keringanan dengan memukulnya satu kali dengan seikat rumput. Beberapa riwayat mengatakan dengan seikat lidi sebanyak 100.

وَخُذْ بِيَدِكَ ضِغْثًا فَٱضْرِب بِّهِۦ وَلَا تَحْنَثْ ۗ إِنَّا وَجَدْنَٰهُ صَابِرًا ۚ نِّعْمَ ٱلْعَبْدُ ۖ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ

Artinya: "Dan ambillah dengan tanganmu seikat (rumput), maka pukullah dengan itu dan janganlah kamu melanggar sumpah. Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan-nya)." (Q.S Shad: 44)

Itu tadi kisah Nabi Ayyub AS. Hal yang dapat kita teladani dari kisah tersebut adalah kesabaran dalam menghadapi setiap masalah. Segala sesuatu datang dari Allah SWT, maka pasrahkan segalanya pada-Nya.



Simak Video "Kisah Nabi Muhammad-Islampedia Siap Temani Harimu di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia