Pengertian, Fungsi, Format, dan Contoh Surat Pengantar

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Kamis, 15 Apr 2021 07:57 WIB
Petugas kelurahan melayani warga yang mengurus surat kependudukan dan berbagai layanan umum di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kelurahan Kebon Sirih,  Jakarta Pusat, Selasa (4/7/2017).
Surat pengantar banyak dipakai untuk mengurus perizinan (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Sebelum membuat KTP ke kantor kelurahan, apakah detikers pernah diminta membawa surat pengantar dari ketua RT/RW? Sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti apa fungsi, format, dan contoh surat pengantar?

Secara sederhana, surat pengantar adalah surat yang dibuat dengan tujuan memberitahu pihak yang dituju bahwa si pembawa surat telah diketahui dan disetujui oleh pihak yang bertanggung jawab terkait isi surat tersebut.

Singkatnya, surat pengantar adalah surat resmi yang dikeluarkan instansi, organisasi, atau lembaga tertentu untuk memberikan informasi penting kepada pihak tertentu. Surat ini bisa berupa surat pengantar dokumen, surat pengantar RT dan RW, surat pengantar kerja, surat pengantar proposal, dan lain-lain.

Karena surat pengantar termasuk surat resmi, maka penulisannya harus sesuai dengan kaidah yang berlaku. Bahasa penulisannya juga menggunakan kalimat formal dan baku.

Surat pengantar dibagi menjadi 2 macam. Pertama, yaitu surat pengantar resmi yang menggunakan materai dan tanda tangan sehingga memiliki kekuatan hukum. Kedua, surat pengantar tidak resmi yang hanya memiliki tanda tangan, tidak perlu bermaterai.

Fungsi Surat Pengantar

Ada beberapa fungsi penting dari surat pengantar. Diantaranya yaitu sebagai formalitas dan kesopanan dalam lingkup keadministrasian, menjadi pintu pembuka saat akan memperoleh surat resmi, dan menjadi sarana yang dapat meyakinkan instansi.

Selain itu, surat pengantar juga berfungsi agar tidak dicurigai pihak tujuan, serta menjadi sarana memberitahu maksud dan tujuan pengirim surat pihak yang dituju.

Format Surat Pengantar

Umumnya, format surat pengantar terdiri lain:

  • Kop surat dengan logo, alamat, nomor telepon, dan nama sebagai informasi.
  • Hal surat pengantar dengan isi keterangan maksud surat.
  • Nomor surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Penutup surat

Selanjutnya contoh-contoh surat pengantar

KLIK SELANJUTNYA UNTUK MEMBACA

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia