Doa Buka Puasa Ramadhan dan Adab Saat Berbuka

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 14 Apr 2021 13:45 WIB
doa buka puasa
Doa Buka Puasa Ramadhan dan Adab Saat Berbuka (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat berbuka puasa, Rasulullah SAW selalu berdoa. Doa buka puasa Ramadhan adalah amalan yang disunahkan untuk menambah pahala bagi yang berpuasa. Puasa Ramadhan pertama kali disyariatkan pada 10 Sya'ban di tahun kedua setelah Nabi SAW berhijrah ke Madinah.

Hijrah tersebut dilakukan setelah diturunkannya perintah penggantian kiblat dari masjidil Al-Aqsha ke Masjid Al-Haram. Semenjak itulah Rasul SAW menjalankan puasa Ramadhan hingga akhir hayatnya sebanyak sembilan kali. Terdapat beberapa doa buka puasa Ramadhan yang dibaca oleh Rasulullah SAW.

Doa Buka Puasa Ramadhan

Berikut adalah doa buka puasa Ramadhan yang dikutip dari buku Tuntunan Puasa Menurut Alqur'an dan Sunah karya Alik al Adhim :

Saat berbuka adalah waktu yang mustajab dikabulkannya doa. Waktu berbuka merupakan waktu mudah dikabulkannya doa. Hal ini dikarenakan orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Berikut adalah doa buka puasa Ramadhan yang dibaca oleh Rasul:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruqu wa tsabatal ajru insyaa-allah

Artinya: "Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap insya Allah."

Berikut adalah doa buka puasa Ramadhan yang juga sering dibaca umat Islam

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."

Adab Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa terdapat adab-adab berbuka yang harus diketahui. Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari buku Buka Puasa Bersama Rasul saw karya Muhammad Ridho al-Thurisinai

1. Memperbanyak Membaca Doa

Berdoa saat berbuka merupakan waktu yang mujarab dikabulkannya doa. Berikut adalah hadits yang menyebutkannya:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ لَا تُرَدّ، دَعْوَةُ الْوَالِدِ، وَدَعْوَةُ الصّـَائِمِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ


"Dari Anas bin Malik Radhiyallahu' anhu dia berkata, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Ada tiga orang yang do'anya tidak ditolak : (1) Doa orang tua kepada anaknya, (2) Orang yang berpuasa ketika berbuka, (3) Do'a orang yang sedang safar (musafir)." Hadits Shohih [HR. al-Baihaqi 3/345 dan yang lainnya].

2. Sunnah Berbuka dengan Kurma

Sebaiknya awali buka puasa dengan kurma. Kurma dipercaya dapat menormalkan kadar gula dalam tubuh. Jika tidak ada kurma maka dapat diganti dengan air. Berdasarkan Riwayat Anas ra: Nabi saw berbuka sebelum shalat dengan memakan beberapa biji kurma. Jika tidak ada kurma nabi meminum air. Saat berbuka sebaiknya dilakukan secara bertahap agar sistem pencernaan kita tidak kaget. Hal tersebut dilakukan agar kerja lambung tidak terlampau berat.

3. Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka

Berhentilah untuk makan dan minum dengan berlebihan saat berbuka. Hal ini dilakukan agar tidak kehilangan faedah puasa dan menjaga kesehatan dengan baik. Rasulullah saw bersabda, bahwasanya "Tidaklah Ibnu Adam memenuhi suatu wadah yang lebih buruk daripada perutnya," Shahih, HR Tirmudzi.



Simak Video "Buka Puasa ala Timur Tengah di Al Kabsa"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia