Gagal Saat Psikotes? Cek di Sini 7 Alasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 14 Apr 2021 12:15 WIB
Transmedia Digital Development Program Jakarta

Para pencari kerja melakukan tes psikotes dalam ajang Transmedia Digital Development Program Jakarta, Senin (5/3/2018). Grandyos Zafna/detikcom
( Foto: Grandyos Zafna)/Gagal Saat Psikotes? Cek di sini 7 Alasannya
Jakarta - Dalam memasuki dunia kerja terdapat beberapa tes masuk yang harus dijalani salah satunya psikotes. Psikotes di tiap perusahaan memiliki soal yang berbeda-beda dan biasanya menjadi momok bagi para pelamar kerja baik bagi fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman.

Banyak orang yang gagal dalam menghadapi psikotes. Psikotes diperlukan dalam seleksi kerja digunakan untuk mengukur kemampuan dari masing-masing calon karyawan perusahaan tersebut.

Menurut Desha Setiardi yang merupakan praktisi Corporate HR dan pengembangan SDM seperti dikutip dari situs UPN Veteran Yogyakarta, dalam menghadapi psikotes seseorang baiknya mengetahui kesalahan apa yang sering dilakukan banyak orang. Berikut adalah 7 alasan seseorang gagal dalam menghadapi psikotes:

Alasan Gagal dalam Menghadapi Psikotes

Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari situs UPN Veteran Yogyakarta:

1. Peserta Datang Terlambat

Datang terlambat merupakan alasan gagal dalam menghadapi psikotes yang pertama. Hal ini harus dihindari karena jika datang terlambat akan membuat anda panik dan terburu-buru. Psikotes selalu terikat dengan waktu, jika datang terlambat dikhawatirkan tidak dapat mengerjakannya dengan tepat waktu.

2. Kurang Konsentrasi

Kurang konsentrasi dapat menyebabkan stamina dan kesehatan tidak terjaga. Dalam mengerjakan psikotes diperlukan kesiapan jasmani. Pastikan menjaga kesehatan, istirahay yang cukup agar tidak mengantuk saat mengerhakan soal. Jangan lupa makan terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal.

3. Tidak Membawa Alat Tulis

Penting untuk mempersiapkan alat tulis dan kertas sebagai coret-coretan. Jika psikotes dilakukan secara daring maka wajib memastikan koneksi internetnya lancar.

4. Terburu-buru dalam Mengerjakan Psikotes

Terburu-buru dalam mengerjakan psikotes dikarenakan jumlah soal dalam tes tersebut banyak. Karena waktunya hamper habis, peserta jadi kehilangan konsentrasi. Tipsnya kerjakan dari soal yang paling mudah.

5. Tidak Percaya diri

Percaya diri dapat memunculkan efek positif bagi peserta. Dengan memiliki kepercayaan diri dapat memunculkan rasa optimis saat mengerjakan tes.

6. Tidak Jujur Saat Mengerjakan Tes

Jujurlah saat mengerjakan tes dan jangan menjadi orang lain. Kejujuran dapat menghantarkan peserta pada kemudahan dan dapat melihat potensi diri yang sesungguhnya saat mengerjakan soal.

7. Tidak Belajar Psikotes

Peserta tidak mempelajari macam-macam soal psikotes yang akan keluar saat tes, agar tidak gagal tipsnya belajarlah sebelum tes. Ketahui berbagai judul latihan soal yang bertebaran di buku latihan atau melalui aplikasi di ponsel.

Itu tadi adalah 7 alasan gagal dalam menghadapi psikotes . Hal tersebut dapat diminimalisir dengan giat berlatih. Semoga berhasil!

(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia