6 Fungsi Lemak bagi Tubuh, Kamu Wajib Tahu!

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 10 Apr 2021 15:40 WIB
Ngopi 30 Menit Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran Lemak
Foto: iStock/6 Fungsi Lemak bagi Tubuh, Kamu Wajib Tahu!
Jakarta -

Makanan yang kita makan mengandung nutrisi yang menyediakan energi dan zat lain yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam makanan biasanya mengandung protein, lemak, dan karbohidrat.

Fungsi lemak bagi tubuh yang utama adalah sebagai bahan energi dan menyimpan energi terbanyak dalam tubuh. Lemak memiliki fungsi lain dalam tubuh dan dibutuhkan jumlah lemak yang cukup dalam makanan agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik.

Lemak memiliki beberapa bentuk antara lain lemak jenuh, tak jenuh, tunggal, dan tak jenuh ganda. Terlalu banyak lemak bagi tubuh atau kandungan lemak yang salah juga tidak sehat bagi tubuh.

Berikut adalah fungsi lemak bagi tubuh yang dikutip dari buku berjudul 100 Question and Answer Kolesterol oleh Chairinniza K. Graha:


1. Sumber Energi

Lemak adalah makanan sumber energi yang paling besar dan setiap gram lemak mengandung 9 kalori. Kalori yang dihasilkan lemak lebih besar daripada karbohidrat dan protein. Kalori sendiri dapat berfungsi sebagai bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas.

2. Membantu Tubuh Menggunakan Vitamin

Fungsi lemak bagi tubuh selanjutnya adalah membantu tubuh agar vitamin yang masuk dapat tersalurkan dengan baik. Lemak adalah salah satu zat yang membantu vitamin A,D,E, dan K agar larut ke dalam usus. Lemak juga membantu vitamin-vitamin tersebut agar menyerap zat-zat penting dari vitamin-vitamin tersebut.

3. Pembangunan Sel Tubuh

Lemak adalah bagian penting dari sel-sel yang ada di dalam tubuh. Lemak membantu sel-sel dalam tubuh agar dapat terbangun dengan baik. Selain itu lemak juga menyusun sel-sel agar sel tersebut dapat bekerja dengan baik. Sebagai contoh lemak membantu menyelimuti setiap sel dalam saraf agar dapat menghantarkan pesan lebih cepat dan baik.

4. Pembangunan Hormon

Lemak adalah zat yang digunakan tubuh untuk membuat prostaglandin. Prostaglandin adalah senyawa seperti hormone yang berfungsi untuk mengatur funsgi tubuh seperti tekanan darah, sistem saraf, denyut jantung, konstriksi pembuluh darah, dan pembekuan darah. Lemak juga berfungsi untuk membentuk hormon-hormon lain yang ada di dalam tubuh.

5. Pelindung Organ

Lemak juga berperan untuk memelihara kulit, rambut, melindungi organ penting, seperti ginjal, liver, dan organ reproduksi. Fungsi lemak bagi tubuh juga menjaga badan tetap hangat.

Organ-organ vital seperti otak, ginjal, jantung, dan usus juga dilindungi oleh lemak agar terhindar dari luka, cedera, dan menahan agar tetap pada tempatnya.

6. Memberikan Rasa Lezat

Selain berfungsi bagi tubuh, lemak juga memiliki fungsi lain yaitu untuk memberikan rasa enak di lidah saat merasakannya.

Makanan yang mengandung lemak akan terasa lebih gurih dan lebih renyah daripada yang tidak mengandung lemak. Sebagai contoh kentang goreng lebih enak daripada kentang rebus.

Penjelasan di atas adalah fungsi lemak bagi tubuh yang harus diketahui. Jangan lupa atur porsi lemak dalam makanan agar kesehatan tetap terjaga.



Simak Video "Icip-Icip Lezatnya Ponggol Nasi Lemak Khas Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia