Niat Sahur Sebelum Jalankan Puasa Ramadhan: Latin, Arab, dan Artinya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 06 Apr 2021 13:29 WIB
NIat Puasa Asyura
Niat Sahur Sebelum Jalankan Puasa Ramadhan: Latin, Arab, dan Artinya (Foto: Fuad Hasyim/detikcom)
Jakarta - Membaca niat sahur merupakan salah satu rukun puasa. Demikian pendapat Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri dalam Kitab Minhajul Muslim. Untuk puasa wajib, puasa Ramadhan niat hendaknya dibaca sebelum waktu sholat Subuh. Sementara untuk puasa sunnah, niat bisa dilafalkan setelah matahari terbit dengan catatan belum makan apapun sejak sebelum azan Subuh.

Menurut Saiyid Mahadhir, Lc, MA dalam bukunya "Puasa Syarat Rukun & Yang Membatalkan", dalam arti harfiah, sahur berasal dari bentuk tunggal sahar. Ini merujuk pada waktu sebelum subuh. Kata sahar ini memiliki bentuk jamak ashar.

Sedangkan, sahur adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makanan dan minuman yang dimakan pada saat sahar. Artinya makanan dan minuman yang dikonsumsi setelah maghrib ataupun isya' masih disebut dengan makan malam biasa. Oleh karena itu, seperti yang disunnahkan oleh Rasulullah SWT, waktu sahur yang dianjurkan adalah di akhir waktu, tepatnya dekat dengan waktu subuh. Jangan lupa membaca niat sahur sebelum menjalankan ibadah puasa.

Diriwayatkan dalam hadits Bukhari dan Muslim dari Anas, dari Zaid bin Tsabit, dia berkata,

تَسَحَّرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ قُمْنَا إِلَى الصَّلاَةِ. قُلْتُ كَمْ كَانَ قَدْرُ مَا بَيْنَهُمَا قَالَ خَمْسِينَ آيَةً.

"Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Kemudian kami pun berdiri untuk menunaikan sholat. Anas bertanya kepada Zaid, 'Berapa lama jarak antara adzan Shubuh dan sahur kalian?', Zaid menjawab, 'Sekitar membaca 50 ayat".

Bacaan Niat Sahur Sebelum Puasa Ramadhan

Berikut ini adalah bacaan niat sahur atau doa sebelum berpuasa.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âla.

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia