Yuk Mengetahui Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

Tim detikcom - detikEdu
Sabtu, 03 Apr 2021 09:01 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Yuk Mengetahui Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional (Ilustrasi: Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta - Pendapatan nasional adalah setiap pendapatan yang diterima dari berbagai anggota masyarakat yang terdapat dalam suatu negara dengan kurun waktu tertentu. Tentu saja menghitung pendapatan nasional sangatlah penting lho.

Mengapa? Karena ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh bagi negara bersangkutan. Berbagai manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

Mendapat Informasi tentang Tingkat Kemakmuran Masyarakat

Jika detikers ingin mengetahui seperti apa sih tingkat kemakmuran masyarakat pada suatu negara, lazimnya pemerintah melakukan penghitungan dari pendapatan nasional. Pastinya mengetahui tingkat kemakmuran akan membuat pemerintah memperoleh berbagai informasi lain yang dapat mempengaruhi tingkat ekonomi dari negara tersebut. Misalnya saja kualitas hidup masyarakat, hingga standar hidup pada lingkungan masyarakat tersebut.

Membandingkan Kinerja Ekonomi dalam Berbagai Sektor hingga Daerah

Tahukah detikers bahwa penghitungan pendapatan nasional bukan hanya pada salah satu sektor dari ekonomi saja ya. Sudah pasti bahwa perhitungannya akan selalu dilakukan pada semua sektor ekonomi dalam suatu negara.

Tentunya hal tersebut akan mempermudah untuk melihat sekaligus dapat membandingkan kinerja ekonomi dari sektor-sektor tersebut. Jika sudah begini, detikers pun bisa mengetahui dengan jelas sektor ekonomi yang lebih maju, begitu pula sebaliknya.

Tidak hanya pada sektor ekonomi saja, perhitungan pendapatan nasional pun berlaku pula pada berbagai daerah yang ada dalam negara tersebut. Dengan begitu, pemerintah bisa membandingkan setiap daerah dari kinerjanya.

Kemudian dari situ bisa terlihat daerah mana yang lebih maju atau baik kinerja ekonominya. Selain itu, juga bisa melihat daerah mana yang ekonominya stagnan, dan daerah mana yang kinerja ekonominya malah merosot.

Membantu Pemerintah Mengukur Perubahan dan Melakukan Evaluasi yang Terjadi

Ketika sudah melakukan penghitungan dari pendapatan nasional, pemerintah suatu negara tentunya akan langsung mengetahui seperti apa tingkat kemakmuran rakyatnya. Tentunya hal ini dapat membantu pemerintahan, terutama ketika akan melakukan evaluasi.

Biasanya evaluasi yang pemerintah lakukan menyangkut tentang kebijakan ekonomi yang selama ini telah mereka lakukan.

Selain itu, perhitungan ini juga akan membantu pemerintah untuk melihat perubahan apa yang terjadi dalam negaranya, terutama pada sektor ekonomi. Karena hasil perhitungan ini akan memperlihatkan grafik perubahan ekonomi dari suatu negara dari satu waktu ke waktu yang lain. Itulah sebabnya pemerintah dapat melihat perubahan ekonomi pada negaranya dengan mudah.

Mengetahui Pertumbuhan Ekonomi Setiap Tahunnya

Tentunya perhitungan pendapatan nasional ini akan pemerintah lakukan setiap tahunnya. Dengan begitu, secara tidak langsung dapat membantu pemerintah untuk mengetahui seperti apa sih pertumbuhan ekonominya. Apakah menanjak, terjadinya stagnan, atau terpuruk.

Dengan mengetahui pertumbuhan ekonomi ini setiap tahunnya, maka dapat membantu pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan ekonomi yang ada selama ini. Tidak hanya itu saja, pemerintah juga akan lebih mampu untuk membuat kebijakan baru agar dapat memperbaiki pertumbuhan ekonomi pada negara mereka.

Mengetahui Pengeluaran Negara

Nah, penghitungan pendapatan ini akan memungkinkan detikers mengetahui berapa sih jumlah pengeluaran yang negara lakukan dalam satu periode. Ketika mengetahui pengeluaran negara, maka ahli ekonomi bisa menentukan bahwa negara tersebut apakah bisa melakukan pengeluaran yang terlalu banyak atau sebaliknya. Selain itu, juga menyarankan berbagai kebijakan yang memang lebih baik lagi.

Membandingkan Pertumbuhan Ekonomi Negara

Manfaat terakhir dengan melakukan penghitungan pendapatan nasional adalah detikers bisa membandingkan pertumbuhan ekonomi dari negara satu dengan negara yang lainnya. Tidak hanya dari sisi keuntungan saja, namun juga dari jumlah pendapatan, dan sebagainya.



Simak Video "Ekonomi RI Diprediksi Minus 0,9% di Kuartal I 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia