Mengenal Unsur-Unsur Dan Manfaat Resensi

Tim detikcom - detikEdu
Jumat, 02 Apr 2021 14:00 WIB
Di tengah kekisruhan antara KPK-Polri, mantan ketua KPK, Antasari Azhar, meluncurkan buku berjudul Saya Dikorbankan. Buku tersebut diluncurkan di PN Tangerang, Rabu (4/2/2015), sesaat sebelum ia menjalani sidang.
Mengenal Unsur-Unsur Dan Manfaat Resensi (Foto: Agung Pambudhy )
Jakarta - Apakah detikers pernah membaca ulasan mengenai karya tulis? Nah, ulasan yang detikers baca itu adalah resensi. Sehingga dapat dikatakan bahwa resensi adalah kegiatan membahas atau mengulas secara singkat tentang kelebihan atau kekurangan mengenai suatu karya tulis hingga buku. Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasan selengkapnya.

Mengenal Lebih Dekat dengan Resensi

Nah, pada pembahasan di atas sekilas sudah dibahas apa itu resensi. Sehingga dapat dikatakan bahwa resensi ini biasanya dituangkan secara online maupun ke dalam media cetak mengenai review suatu karya dari orang lain.

Resensi biasanya berisi sinopsis singkat tentang buku serta informasi lengkap mengenai buku tersebut. Selain itu, ada pula tambahan ulasan tentang kelebihan, kekurangan, kritik dan juga saran opini dari penulis resensi yang ditujukan kepada pengarang buku yang telah diulas.

Gimana, sampai disini sudah tahu kan apa itu resensi?

Unsur-Unsur Resensi

Ketika ingin membuat resensi, tentu saja ada unsur-unsur yang perlu detikers penuhi supaya resensi yang dibuat bisa berkualitas dan jelas. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa unsur yang terdapat dalam resensi.

1. Judul resensi

Tentunya judul resensi harus mempunyai keselarasan terhadap isi resensi yang akan dibuat. Selain itu, judul yang menarik pun dapat memberi nilai lebih terhadap sebuah resensi lho.

2. Menyusun data buku

Nah, penyusunan data buku ini bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Judul buku
  • Kemudian pengarang
  • Penerbit
  • Lalu tahun terbit dan cetakannya
  • Dimensi buku
  • Hingga harga dari buku tersebut.

3. Isi resensi buku

Dalam melakukan resensi buku, maka isinya memuat tentang sinopsis, lalu ulasan singkat buku beserta dengan kutipan secukupnya, kemudian keunggulan serta kelemahan buku, lalu rumusan kerangka buku hingga penggunaan bahasanya.

4. Penutup dari resensi buku

Biasanya pada bagian penutup berisi tentang alasan mengapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa bukunya ditujukan.

Manfaat Resensi

Tidak hanya mempunyai unsur-unsur dalam pembuatan resensi, namun resensi juga memiliki berbagai manfaat lho. Penasaran apa aja manfaatnya? Yuk langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Memberikan pendapat terhadap penulis resensi

Biasanya sebagian dari penulis atau reviewer suatu resensi akan memperoleh bayaran atau fee dari resensi yang dibuatnya. Hal ini dikarenakan biasanya resensi yang ditulis akan dipublikasikan ke beberapa media, baik koran, majalah, maupun website online.

2. Membantu penulis buku agar bisa berkembang

Biasanya di dalam resensi reviewer akan memberikan saran atau kritik yang bisa membantu penulis agar bisa semakin berkembang. Dengan adanya kritik atau saran tersebut penulis bisa memperbaiki kesalahan yang memang dibuat serta memperbaikinya untuk menulis karya lainnya di kemudian hari.

3. Dapat membantu menambah wawasan serta kreativitas penulis resensi

Tentunya sebagai orang yang akan menulis resensi, detikers dituntut agar membaca karya atau buku terlebih dahulu sebelum ingin memberikan ulasan. Detikers harus dapat memahami informasi yang memang disampaikan maupun mengidentifikasi apa saja kelebihan atau kelemahan maupun unsur-unsur yang ada di dalam buku.

Ketika detikers sering menulis resensi hingga membaca buku, pastinya hal ini akan berdampak positif untuk detikers pribadi, tidak hanya menambah wawasan, namun juga akan membuat kreatifitas detikers semakin terasah.

Nah, selain beberapa manfaat di atas, tentu saja resensi adalah pilihan tepat agar bisa membantu masyarakat dalam menentukan apakah mereka ingin menonton, melihat, maupun membaca suatu karya yang telah dibuat. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia