Apa itu Kata Kerja Mental? Pahami Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Kamis, 01 Apr 2021 15:31 WIB
Perpustakaan Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, mendapat bantuan ratusan buku pelajaran. Perpustakaan ini banyak dikunjungi oleh anak-anak pemulung.
Contoh kata kerja mental yang bisa dipelajari (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Dalam penulisan maupun percakapan, kita biasa menggunakan berbagai jenis kata kerja atau verba dalam menyusun kalimat. Salah satu dari bentuknya adalah kata kerja mental. Seperti apa contoh kata kerja mental ?

Sebelum mengetahui contoh kata kerja mental, ada baiknya detikers mengetahui terlebih dulu pengertian verba mental dan ciri-cirinya.

Secara ringkas, kata kerja mental adalah jenis kata kerja yang mengekspresikan sikap atau respon seseorang terhadap suatu tindakan, pengalaman, atau keberadaan. Meski kata kerja mental tidak begitu populer, namun cukup sering dipakai dalam teks ceramah, berita, dan lain-lain.

Jenis kata kerja ini juga disebut dengan kata kerja behavioral atau verba tingkah laku, yakni kata kerja yang menggambarkan tindakan, proses, atau situasi tertentu. Kata kerja mental mengacu pada tindakan yang dilakukan oleh subjek, yang mana kata kerjanya berfungsi sebagai predikat dalam konfigurasinya.

Dalam verba ini, ada partisipan pengindera (senser) dan fenomenanya. Seperti contoh berikut:

"Dian menyaksikan teater Malin Kundang malam hari itu."

Dari kalimat di atas, "Dian" adalah pengindera, kata "menyaksikan" adalah verba mental, dan kata "teater Malin Kundang" adalah fenomena.

Ciri-Ciri Kata Kerja Mental

Kata kerja mental memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang membedakannya dari jenis verba lainnya. Pertama, kata kerja ini menerangkan tentang persepsi (contohnya melihat, merasa), afeksi (contohnya khawatir, suka, cinta), dan kognisi (misalnya mengerti, memahami, berpikir).

Ciri kedua, menggunakan kata-kata yang mengindera dan biasa dilakukan manusia. Ketiga, kata kerja mental biasanya mempunyai bentuk frasa yang bersifat mengindikasikan. Keempat, menggunakan kata yang biasa dilakukan manusia. Terakhir, terdapat peran orang lain atau fenomena tertentu yang menjadi pemicu.

Contoh Kata Kerja Mental

1. Randi merasa bahwa tindakannya pulang ke rumah tepat waktu setelah bekerja telah sesuai dengan tata tertib perusahaan. (Kata "merasa" merupakan verba mental yang menerangkan persepsi).

2. Bu Dian sangat khawatir karena anak perempuannya masih terbaring lemah di rumah sakit. (Kata "khawatir" adalah verba mental yang menerangkan afeksi).

3. Saya telah berpikir mengenai peluang karir dan masa depan saya di perguruan tinggi ini. (Kata "berpikir" adalah verba mental yang menerangkan kognisi).

Setelah mempelajari definisi, ciri-ciri, dan contoh kata kerja mental , apakah detikers dapat menyebutkan contoh lainnya?

(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia