5 Negara di Asia Tenggara yang Dilalui Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Kamis, 25 Mar 2021 15:31 WIB
Danau di Pegunungan Jayawijaya
Negara di Asia Tenggara yang dilalui sirkum Pasifik yakni Indonesia dan Filipina Foto: (Afif Farhan/detikcom)
Jakarta - Kawasan Asia Tenggara dilalui dua sirkum (jalur atau rangkaian gunung api), yang dipengaruhi gerak lempeng tektonik. Ada beberapa negara di Asia Tenggara yang dilalui sirkum Pasifik dan sirkum Mediterania.

Sirkum pegunungan terbentuk akibat adanya pergerakan antar lempeng tektonik bumi yang membuat magma bisa menerobos menuju ke luar permukaan bumi sehingga membentuk pulau-pulau dan pegunungan.

Kawasan Asia Tenggara dilalui dua jalur pegunungan besar, yaitu Pegunungan Mediterania yang mencakup wilayah Asia-Eropa dan Pegunungan Pasifik yang mencakup wilayah Asia-Pasifik. Keduanya adalah rangkaian gunung yang dikenal sebagai ring of fire.

Gunung api di bumi tidak bisa muncul sembarangan, hanya bisa muncul di zona yang disebut zona subduksi lempeng. Sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik juga memiliki perbedaan tersendiri.

Sirkum Mediterania

Sirkum Mediterania adalah jalur pegunungan yang membentang dari Benua Eropa (Pegunungan Alpen) menuju ke Italia (Gunung Etna). Lalu, jalur ini menyambung masuk ke Benua Asia di Pegunungan Himalaya, dan masuk ke Indonesia melalui Sumatera.

Sirkum Pegunungan Mediterania terbagi lagi menjadi 2 jalur utama, yaitu busur dalam dan busur luar. Jalur busur dalam bersifat vulkanik aktif. Jalur ini membentang dari Kep. Andaman yang berada di bagian barat Sumatera, Jawa, Bali, Sumbawa, Lombok, Alor, Flores hingga Laut Banda.

Sedangkan jalur luar adalah jalur pegunungan Mediterania yang bersifat non aktif. Di Indonesia, jalur ini membentang dari Nias, Timor, Pulau Buru, serta pulau kecil lain yang berada di sekitarnya.

Jalur Pegunungan dan Negara yang Dilalui Sirkum Mediterania

Berikut jalur pegunungan yang dilalui sirkum Mediterania. Ada Gunung Everest, Gunung Elbrus, Gunung Etna, Gunung Sinabung, Gunung Merapi, Gunung Krakatau, Gunung Bromo, Gunung Kelud, Gunung Rinjani, Gunung Kelimutu, dan Gunung Tambora.

Ada beberapa negara yang dilalui sirkum Mediterania, yaitu Spanyol, Portugal, Prancis, Italia, Swiss, Austria, Algeria, Yunani, Turki, Makedonia, Rusia bagian selatan, Iran, India, Pakistan, Tibet, Myanmar, Indonesia, dan Thailand.

Ternyata, ada tiga negara Asia Tenggara yang dilewati yaitu Myanmar, Indonesia, dan Thailand.

Sirkum Pasifik

Sirkum Pasifik adalah jalur pegunungan yang membentang dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, menuju Pegunungan Rocky di Amerika Utara, lalu menuju ke Jepang. Kemudian negara-negara di Asia Tenggara yang dilalui sirkum Pasifik seperti Filipina, dan Indonesia yang melewati Sulawesi. Di Indonesia, Sirkum Pasifik bercabang menuju ke Pulau Halmahera hingga Papua.

Berbeda dengan Sirkum Mediterania, busur dalam Sirkum Pasifik justru bersifat non vulkanik, sedangkan busur luar Sirkum Pasifik bersifat vulkanik. Sepanjang dua jalur pegunungan ini ada banyak gunung api yang siap meletus dengan intensitas gejala vulkanik.

Jalur Pegunungan dan Negara yang Dilalui Sirkum Pasifik

Berikut jalur pegunungan yang dilalui sirkum Pasifik. Ada Gunung Andes, Gunung Ojos del Salado, Gunung St. Helens, Gunung Fuji, Gunung Lokon, Gunung Pinatubo, Gunung Aconcagua, Gunung Denali, dan Gunung Ruapehu.

Ada beberapa negara yang dilewati sirkum Pasifik, yaitu Selandia Baru, Indonesia, Filipina, Jepang, Taiwan, Amerika Serikat, Canada, Mexico, Chile, Peru, Ecuador, Costa Rico, Guatemala, dan Nicaragua.

Jika diperhatikan, ada dua negara di Asia Tenggara yang dilalui sirkum Pasifik , yaitu Indonesia dan Filipina. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia