Wiracarita atau Epos: Drama tentang Kepahlawanan

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Rabu, 24 Mar 2021 06:30 WIB
Pentas Sendratari Ramayana
Pentas Sendratari Ramayana salah satu drama tentang kepahlawanan (Dok. PT TWC)
Jakarta - Cerita atau drama memiliki beragam jenis. Salah satunya, drama tentang kepahlawanan yang disebut Wiracarita atau Epos.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Epos adalah cerita kepahlawanan, atau syair panjang yang menceritakan riwayat perjuangan seorang pahlawan, yang disebut juga Wiracarita.

Wiracarita atau Epos, adalah sejenis karya sastra tradisional yang menceritakan kisah kepahlawanan. Berasal dari kata Wira yang artinya 'pahlawan', dan Carita yang berarti 'kisah/cerita'.

Biasanya, Wiracarita dituturkan dalam bentuk syair panjang dan sering ditemui pada cerita pewayangan.

Beberapa contoh drama tentang kepahlawanan diantaranya adalah Ramayana, Mahabharata, Lakon Panji, Illiad, Odysseus, La Chanson de Roland, La Galigo, dan juga Hikayat Hang Tuah.

Syair kepahlawanan yang paling terkenal, berasal dari India dengan tulisan awal Sanskerta yaitu Ramayana dan Mahabharata. Kedua pustaka ini berisi cerita dalam bentuk syair tentang perbuatan-perbuatan mulia yang dilakukan para pahlawan kebangsaan yang besar. Selain itu, juga memuat uraian tentang adat istiadat, kebiasaan, dan kebudayaan manusia jaman dulu.

Ramayana ditulis oleh Walmiki. Isinya menceritakan tentang Rama, anak raja Ayodya, yang demi kepentingan adiknya bersedia dibuang selama 14 tahun. Dalam pengembaraan, istrinya diculik oleh Rahwana, raja di Langka. Dengan bantuan bala tentara kera akhirnya Sita, istri Rama, dapat diselamatkan. Ternyata, Rama sendiri adalah titisan Wisnu dalam usaha memerangi kejahatan.

Kemudian, ada kitab Mahabharata yang bagian pertamanya ditulis oleh Wyasa. Ceritanya mengisahkan perang besar antara Korawa dan Pandawa. Mereka memperebutkan negara Hastina. Berkat pertolongan Kresna, yang ternyata merupakan titisan Wisnu, Pandawa memenangi perang dan mewarisi Hastina.

Tak hanya India, Indonesia juga memiliki beberapa drama tentang kepahlawanan yang terkenal. Seperti Lakon Panji yang memiliki banyak judul berbeda tergantung daerah masing-masing, misalnya Hikayat Panji Semirang, Hikayat Ken Tambuhan, Hikayat Andaken Panurat, Raden Panji Asmarabangun, dan lain-lain. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia