Mengenal Kuliah di Swedia untuk Pelajar RI, Begini Peluang Beasiswanya

Mengenal Kuliah di Swedia untuk Pelajar RI, Begini Peluang Beasiswanya

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 19 Nov 2022 15:00 WIB
KTH Royal Institute of Technology, Swedia
KTH Royal Institute of Technology, Swedia, salah satu kampus yang membuka peluang kuliah di Swedia gratis. Foto: Dok. KTH
Jakarta -

Alumnus S2 Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia Titi Holmgren menuturkan, ada berbagai peluang beasiswa kuliah di Swedia yang bisa diraih pelajar Indonesia. Dia juga sebelumnya menuntut ilmu di Swedia dengan gratis.

Director of Nordic Student Service tersebut bercerita, saat lanjut studi Bisnis Internasional di Jönköping International Business School pada 2009, ia tidak dikenakan biaya kuliah karena pendidikan di Swedia saat itu masih gratis.

Pada 2012, Swedia mulai menerapkan tuition fee atau uang kuliah bagi mahasiswa internasional di luar Eropa. Seiring kebijakan tersebut, mulai bermunculan beasiswa untuk mahasiswa mancanegara, termasuk asal Indonesia.

Kesempatan beasiswa di Swedia tersebut memotivasi Titi studi program master di sana. Terlebih, skena gender studies menurutnya maju di Skandinavia dan Swedia.

Ia bercerita, para mahasiswa di Swedia umumnya menggunakan sepeda dan transportasi umum. Masyarakat juga bisa menggunakan transportasi umum.

"Terkadang kalian bertemu dengan pejabat pemerintah saat menggunakan transportasi umum. Biasanya para pejabat pemerintah menggunakan transportasi umum untuk menghadiri rapat atau konferensi di Stockholm," tuturnya dalam diskusi Studying Master Program in Sweden and Scholarship yang digelar Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (Unair), dikutip dari laman kampus, Jumat (18/11/2022).

Titi mengatakan, tidak ada batasan untuk mahasiswa dapat apply kuliah dengan beasiswa di Swedia. Jika tidak lulus tahun ini, bisa mendaftar lagi tahun depan. Karena itu, ia mengingatkan agar mahasiswa tidak putus asa jika berniat kuliah di Swedia.

Ia menjelaskan, layanan Nordic Student Service juga menyediakan informasi dan bantuan bagi mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan studi di Swedia tanpa biaya khusus.

Peluang Beasiswa di Swedia

Ada sejumlah program beasiswa di Swedia yang terbuka bagi mahasiswa Indonesia, seperti dikutip dari laman Nordic Student Service. Berikut di antaranya:

1. Beasiswa Swedish Institute

Beasiswa Swedish Institute adalah beasiswa dari Kerajaan Swedia untuk calon mahasiswa asal luar Eropa, termasuk Indonesia. Awardee akan mendapat uang 9.000 krona Swedia, atau sekitar Rp 13,3 juta per bulan selama masa studi 12-24 bulan.

Para awardee beasiswa ini juga otomatis tergabung dalam jaringan penerima dan alumni Swedish Institute dan mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan jejaring. Pendaftaran Beasiswa Swedish Institute dibuka setiap 15 Desember sampai 15 Januari untuk penerimaan Agustus.

2. InnoEnergy

Program InnoEnergy didukung European Insititute of Innovation and Technology (EIIT) untuk melahirkan lulusan yang berkontribusi pada sustainability (keberlanjutan). Awardee akan berkuliah di dua negara selama masing-masing 1 tahun, salah satunya di Swedia.

InnoEnergy juga membuka skema fee waiver (beasiswa iuran kuliah saja), dan fee waiver + living allowance (beasiswa iuran dan juga biaya hidup bulanan). Uang hidup bulanan InnoEnergy sekitar 750 euro atau sekitar Rp 12,1 juta per bulan selama 2 tahun. Pendaftaran InnoEnergy dibuka setiap 11 Desember sampai 22 Februari untuk penerimaan Agustus.

3. Beasiswa Universitas

Universitas di Swedia kebanyakan menyediakan gratis uang kuliah bagi mahasiswanya. Namun, kampus tidak menyediakan tunjangan hidup bulanan, kecuali yang bekerja sama dengan industri lewat kompetisi ilmu, seperti Kungliga Tekniska högskolan (KTH/Royal Institute of Technology) Master's Challenge dari KTH Royal Institute of Technology, Stockholm.

Bagaimana detikers, tertarik kuliah di Swedia?



Simak Video "Syarat Lengkap Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 di Inggris Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia