Pemerintah AS Tawarkan Program Pertukaran Mahasiswa, Begini Syaratnya

Pemerintah AS Tawarkan Program Pertukaran Mahasiswa, Begini Syaratnya

Devi Setya - detikEdu
Rabu, 28 Sep 2022 12:00 WIB
The main campus of Columbia University in New York, on a warm, sunny fall day.
Ilustrasi salah satu kampus di Amerika Serikat Foto: Getty Images/iStockphoto/peterspiro
Jakarta -

Penasaran dan ingin merasakan kuliah di Amerika Serikat (AS)? Kamu bisa ikut program program pertukaran mahasiswa yang ditawarkan Pemerintah AS.


Pemerintah Amerika Serikat melalui Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menawarkan program Global UGRAD. Program ini terbuka bagi mahasiswa Indonesia yang tertarik belajar selama satu semester di beberapa perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat.

Global UGRAD merupakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester. Studi akademik non-gelar ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa Indonesia yang belum memiliki kesempatan kuliah di AS.

Dikutip dari laman resmi American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), mahasiswa yang beruntung mengikuti program ini bisa mendapatkan berbagai materi akademik dan juga non-akademik. Mahasiswa bukan hanya bisa mengikuti kegiatan belajar secara formal di kampus AS, tetapi juga bisa mempelajari sosial budaya masyarakat di sana.

Mata kuliah yang dapat diambil nantinya akan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku pada jurusan universitas asal mahasiswa masing-masing. Namun, ada satu mata kuliah khusus dengan 3 SKS yang mempelajari studi tentang AS. Mata kuliah ini wajib diambil untuk meningkatkan pengetahuan tentang AS.

Mahasiswa yang terpilih dalam program ini akan mendapat berbagai fasilitas seperti tiket pergi-pulang (PP) perjalanan Indonesia-AS, asrama kampus selama masa kuliah, biaya makan, biaya kuliah, asuransi kecelakaan atau sakit, uang tunjangan bulanan, dan juga biaya untuk buku.

Syarat Beasiswa Pertukaran Mahasiswa ke Amerika Serikat


Sebelum menjadi mahasiswa pertukaran Global UGRAD, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia di atas 18 tahun
  3. Terdaftar dalam program sarjana (S1/D4) di Indonesia, telah menyelesaikan minimal satu semester studi, dan memiliki setidaknya satu semester lagi untuk diselesaikan di institusi asal mereka setelah kembali. Mahasiswa semester ketiga hingga kelima lebih diutamakan.
  4. Menunjukkan potensi kepemimpinan melalui karya akademis, keterlibatan masyarakat, dan kegiatan ekstrakurikuler.
  5. Menunjukkan potensi bahasa Inggris lisan dan tulisan yang dibuktikan dengan skor TOEFL ITP atau TOEFL Prediction terbaru (kurang dari dua tahun) 500 atau iBT 48.
  6. Berkomitmen untuk kembali langsung ke Indonesia setelah program selesai.
  7. Preferensi akan diberikan kepada mereka yang belum pernah memiliki pengalaman di AS.
  8. Hanya kandidat terpilih yang akan diberitahu untuk wawancara pribadi.


Kriteria mahasiswa yang tidak dapat mengikuti program Global UGRAD:

  1. Warga negara AS dan penduduk tetap Amerika Serikat.
  2. Mahasiswa yang sedang belajar, tinggal, atau bekerja di luar Indonesia.
  3. Karyawan lokal AS di luar negeri yang bekerja untuk Departemen Luar Negeri AS dan/atau Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).
  4. Anggota keluarga dekat (yakni: pasangan dan anak-anak) pegawai Departemen Luar Negeri AS dan USAID; anggota keluarga juga tidak berhak ikut program selama satu tahun setelah pemutusan hubungan kerja.
  5. Karyawan World Learning dan AMINEF saat ini dan anggota keluarga dekat mereka

Jadwal dan Cara Daftar Program Global UGRAD

Pendaftaran program Global UGRAD ini dibuka secara online. Mahasiswa bisa mendaftar dan mengirimkan data hingga 31 Desember 2022.

Peserta harus mengisi data secara online melalui situs resmi yang sudah disediakan.

Peserta juga hadir melengkapi surat referensi sebagai persyaratan pengajuan yang dibuat dalam bahasa Inggris:

1. Dua surat referensi, satu dari dosen jurusan studi, satu lagi dari dosen lain, pemberi kerja, pelatih, atau pengawas pekerjaan masyarakat.

2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Laporan / transkrip nilai yang dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris.


Setelah aplikasi online diajukan, peserta harus memberi informasi ke AMINEF melalui email dengan melampirkan scan skor TOEFL ITP atau Prediksi TOEFL ke infofulbright_ind@aminef.or.id, dan info.scholarship@aminef.or.id dengan subjek email, "[Nama Lengkap] - Mengisi Formulir Online UGRAD Global."

Beasiswa pertukaran mahasiswa ke Amerika Serikat 2023 ini terbuka bagi mahasiswa dari universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Yuk, daftar!



Simak Video "Syarat Lengkap Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 di Inggris Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia