Bupati Bandung Luncurkan Beasiswa BESTI, Kuliah Gratis 8 Semester

Anisa Rizki - detikEdu
Selasa, 09 Agu 2022 14:15 WIB
Young Asian guy with nerdy black glasses and backpack sitting in a huge book on top of a book hill writing some script on the page while looking at his laptop on his lap.
Foto: Thinkstock/Bowie15/Ilustrasi Beasiswa
Jakarta -

Kabar baik bagi kamu yang sedang mencari beasiswa untuk kuliah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung meluncurkan program Beasiswa Ti Bupati (BESTI) dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di sektor pendidikan.

Selain itu, peluncuran beasiswa tersebut juga sebagai langkah akselerasi peningkatan rata-rata lama sekolah (RLS) masyarakat.

Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna, S.I.P., M.Si., mengatakan saat ini rata-rata lama sekolah di Kabupaten Bandung 9,07 tahun. Besar harapan angka tersebut dapat meningkat menjadi 10 tahun pada 2023 mendatang.

"Beasiswa ini merupakan upaya dan perhatian kami dalam mewujudkan salah satu visi Pemkab bandung yakni menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas dan merata, guna mendukung terwujudnya masyarakat Kabupaten Bandung yang edukatif," papar Dadang dikutip dari detikJabar, Selasa (9/8/2022).

Kriteria Beasiswa Kuliah BESTI

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa kuliah BESTI ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya:

1. Bisa memastikan penduduk daerah dengan bukti KTP

2. Mahasiswa yang menempuh studi S1

3. Pendaftar tidak sedang menerima insentif atau bantuan lain serupa yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, APBD atau APBDes

4. Memiliki nilai rata-rata sebesar 8 pada Ujian Nasional atau Ujian Sekolah pada SMA/sederajat bagi yang belum menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

5. Bagi mahasiswa perguruan tinggi, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)paling rendah 3,00 untuk mahasiswa PTN dan 3,15 untuk mahasiswa PTS.

Besaran Beasiswa Kuliah BESTI

Adapun untuk besaran beasiswa paling tinggi yaitu Rp 5 juta per semester atau Rp 40 juta selama 8 semester.

Mahasiswa/Siswa Penghafal Al-Qur'an Bisa Mendaftar

Beasiswa kuliah BESTI ini juga mengutamakan mahasiswa yang hafal Al-Qur'an dengan minimal 1 juz bagi yang beragama muslim.

"Siswa penghafal Al-Qur'an dan berprestasi bisa memanfaatkan program ini. Melalui BESTI, saya berharap akan lahir SDM yang hebat, berkualitas, memiliki daya saing, berintegritas dan profesional yang nantinya bisa bersama-sama membangun Kabupaten Bandung yang Bedas (bangkit, edukatif dinamis agamis dan sejahtera) sesuai dengan RPJMD," papar Dadang.

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa BESTI

Terkait pendaftaran, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Erick Juriara Ekananta menjelaskan secara teknis.

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa tersebut, bisa langsung mengisi form online melalui laman https://besti.bandungkab.go.id/home/register.

Nantinya kamu diminta melakukan registrasi dengan mengisi data diri mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Induk Mahasiswa (NIM), dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi langsung Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Bandung melalui nomor 0859-7447-1639.

"Selain Diskominfo, bagi masyarakat yang memenuhi kriteria dan persyaratan umum serta khusus, bisa mengajukan juga permohonan beasiswa ke Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung, Komplek Perkantoran Pemkab Bandung, Jl. Raya Soreang KM. 17 Soreang - Bandung," pungkas Erick.



Simak Video "Syarat Lengkap Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 di Inggris Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia