Pendaftaran Beasiswa Chevening Dibuka, Ini Syaratnya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 03 Agu 2021 10:31 WIB
Pendaftaran Beasiswa Chevening Dibuka, Ini Syaratnya
Foto: Screenshoot chevening.org/Pendaftaran Beasiswa Chevening Dibuka, Ini Syaratnya.
Jakarta - Pendaftaran beasiswa Chevening untuk melanjutkan studi S2 di kampus-kampus Inggris sudah dibuka. Pendaftaran ini akan dibuka hingga 2 November 2021 mendatang.

Beasiswa diberikan selama satu tahun untuk gelar master dalam berbagai bidang dan kampus di Inggris. Peserta akan menerima bantuan biaya pendidikan, tunjangan hidup bulanan, biaya perjalanan pulang-pergi Indonesia-Inggris, dan tunjangan tambahan lain.

Berbagai bantuan tersebut diberikan supaya penerima bisa fokus kuliah dan mengambil pengalaman. Beasiswa Chevening adalah beasiswa dari pemerintah Inggris yang didanai Foreign, Commonwealth and Development Office (FCDO) dan organisasi mitra.

Sejak berdiri tahun 1983, sebanyak 50 ribu profesional sudah pernah berkuliah melalui program ini. Beasiswa menawarkan kesempatan unik bagi peserta untuk berkembang secara profesional dan akademis, merasakan budaya, dan membangun hubungan positif dengan Inggris.

A. Syarat daftar beasiswa Chevening

Berbagai persyaratan berikut harus dipenuhi calon peserta, sehingga bisa meningkatkan peluang lolos dan memperoleh beasiswa Chevening.

  1. Warga negara dari negara atau wilayah yang memenuhi syarat Chevening
  2. Kembali ke negara kewarganegaraan selama minimal dua tahun setelah durasi beasiswa berakhir
  3. Telah menyelesaikan semua komponen gelar sarjana yang memungkinkan untuk masuk ke program pascasarjana di universitas Inggris pada saat mengirimkan aplikasi.
  4. Memiliki setidaknya dua tahun atau setara dengan 2.800 jam pengalaman kerja
  5. Mendaftar ke tiga program universitas Inggris berbeda yang memenuhi syarat dan telah menerima tawaran tanpa syarat dari salah satu pilihannya.

B. Jadwal seleksi beasiswa Chevening

Proses seleksi biasanya membutuhkan waktu minimal delapan bulan dari batas terakhir waktu peserta melakukan pendaftaran. Berikut jadwal seleksi beasiswa Chevening untuk program S2.

  1. Pendaftaran: 3 Agustus-2 November 2021
  2. Penilaian berkas dari pihak komite: Pertengahan November-Desember 2021
  3. Panggilan wawancara: Pertengahan Februari 2022
  4. Pengumpulan referensi dan dokumen pendidikan: Februari-akhir April 2022
  5. Wawancara calon penerima: 28 Februari-29 April 2022
  6. Pengumuman: awal Juni 2022
  7. Batas penawaran penerima: 14 Juli 2022
  8. Mulai belajar di Inggris: September atau Oktober 2022.

Semua pelamar Chevening harus menyerahkan dokumen pendidikan mereka, referensi, dan satu tawaran universitas Inggris tanpa syarat. Tenggat waktu untuk dokumen-dokumen yang diperlukan ini ada di timeline aplikasi Chevening.

Untuk informasi beasiswa Chevening lebih lengkap, detikers bisa mengunjungi laman resmi https://www.chevening.org/. Semoga berhasil ya!

Simak Video "Sandiaga Bagikan 1.000 Beasiswa untuk Anak Pedagang Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia