Beasiswa di Jepang plus Biaya Hidup 150 Ribu Yen Per Bulan, Ini Syaratnya

Kristina - detikEdu
Rabu, 21 Jul 2021 09:47 WIB
A group of multietnic students celebrating their graduation by throwing caps in the air closeup. Education, qualification and gown concept.
Foto: iStock/Beasiswa di Jepang plus Biaya Hidup 150 Ribu Yen Per Bulan, Ini Syaratnya
Jakarta - Kochi University of Technology (KUT), Jepang membuka program beasiswa khusus (SSP) untuk kandidat doktor dan berbasis proyek (riset). Beasiswa ini memberikan tunjangan hidup sebesar 150 ribu yen per bulan.

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa program doktor dengan masa studi 3 tahun. Mahasiswa akan menjalani riset dan studi di Departemen Teknik, Sekolah Pascasarjana Teknik. Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Inggris.

Ada banyak program penelitian yang disediakan oleh KUT. Daftar projek dapat dilihat pada website KUT untuk penawaran program SSP. Setiap projek penelitian hanya bisa diisi maksimal 3 mahasiswa SSP.

Berikut ketentuan beasiswa riset dan S3 untuk pelamar internasional:

A. Ketentuan beasiswa Jepang KUT

1. Mahasiswa SSP harus bekerja 50 jam per bulan untuk proyek penelitian tertentu di universitas

2. Mahasiswa SSP wajib melaporkan hasil studi dan penelitiannya kepada dekan Sekolah Pascasarjana Teknik setiap akhir semester. Laporan yang diserahkan akan dievaluasi oleh dekan Sekolah Pascasarjana Teknik.

B. Keuntungan beasiswa KUT

1. Mahasiswa akan dibebaskan biaya ujian masuk sebesar 30.000 yen, biaya pendaftaran 300.000 yen, dan biaya kuliah 535.800 yen per tahun

2. Tunjangan hidup yang diberikan sebesar 150.000 yen per bulan dibayarkan sebagai gaji untuk proyek penelitian yang dilakukan. Pembayaran akan dikenakan pajak

3. Mahasiswa akan menerima biaya perjapanan dan biaya hidup di awal sebesar 150.000 yen. Biaya ini hanya diberikan kepada pelamar internasional yang tinggal di luar Jepang dan memiliki atau berniat menjadi mahasiswa di Jepang.

C. Syarat beasiswa KUT

1. Mendapatkan izin dari pimpinan proyek penelitian SSP yang dipilih oleh mahasiswa pelamar

2. Memiliki gelar dari lembaga terakreditasi yang sebanding dengan gelar master yang ditawarkan di KUT setelah menempuh pendidikan selama 18 tahun atau mendapatkan gelar sebelum tanggal pendaftaran dibuka

3. Berusia maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran

4. Memiliki catatan akademik yang sangat baik dan lulusan sarjana dan magister dari universitas terkemuka

5. Memiliki niat, pengetahuan, dan keterampilan penelitian yang memadai untuk bekerja dalam proyek penelitian

6. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus.

D. Proses Pendaftaran beasiswa KUT

1. Pilih satu proyek penelitian dari daftar proyek penelitian SSP yang tersedia

2. Kirimkan permohonan Pra-Aplikasi Online yang telah ditujukan kepada pimpinan proyek yang dipilih. Permohonan dapat diajukan melalui formulir yang disediakan oleh KUT dan telah mendapatkan izin pimpinan untuk mengajukan proyek tersebut.

3. Jika permohonan diterima (mendapatkan izin), segera lengkapi semua dokumen yang diperlukan dan kirimkan melalui pos. Dokumen harus sudah sampai sebelum batas waktu pendaftaran.

Pendaftaran akan dibuka dalam 2 periode yakni April dan Oktober. Untuk periode April 2022 batas waktu pendaftaran 17 September 2021. Sedangkan, periode Oktober 2022 akan dibuka dua kali yaitu tanggal 17 September 2021 dan 18 Maret 2022.

Sebelum mendaftar beasiswa Jepang KUT ini, kandidat harus mengirimkan permohonan Pra-Aplikasi Online melalui Aplikasi KUT. Formulir dapat diunduh melalui website https://www.kochi-tech.ac.jp.

Simak Video "Jepang Akan Terapkan Darurat Corona di Tokyo Sampai 22 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia