Pendaftar SMUP Unpad 2021 Bisa Dapat Beasiswa S1, S2, S3 Kemendikbudristek

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 08 Jun 2021 20:09 WIB
Gedung Rektorat Unpad
Foto: Gedung Rektorat Unpad (dok. Unpad)
Jakarta - Sejumlah jalur Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran atau SMUP Unpad masih dibuka hingga akhir Juni 2021. Kabar baiknya, pendaftar SMUP Unpad jenjang S1, S2, dan S3 berkesempatan mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek.

Beasiswa di Unpad ini terdiri dari Beasiswa Prestasi Talenta khusus Sarjana, Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik, serta Beasiswa Pascasarjana untuk Seniman.

Hal ini disampaikan Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi seperti dikutip dari situs resmi Unpad, Jumat (4/6/2021).

"Tiga beasiswa ini membuka peluang bagi lapisan masyarakat yang sulit mengakses pendidikan tinggi untuk bisa berkuliah," kata Fahmi.

Beasiswa Prestasi Talenta Sarjana di Unpad diperuntukkan bagi lulusan SMA dan SMK yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Sarjana. Syarat beasiswa ini di antaranya calon penerima merupakan peserta didik yang memiliki prestasi di bidang riset, teknologi, dan seni budaya tingkat nasional dan internasional.

Adapun Beasiswa Pendidikan Dosen Perguruan Tinggi Akademik di Unpad diperuntukan bagi dosen tetap perguruan tinggi akademik yang ingin melanjutkan studi ke program Magister atau Doktor.

Sementara itu, Beasiswa Pelaku Budaya di Unpad merupakan program beasiswa jenjang Magister dan Doktor yang khusus diperuntukan bagi seniman atau pelaku budaya di Indonesia.

Beasiswa Pelaku Budaya diperuntukkan untuk program sosiohumaniora. Adapun Beasiswa Pelaku Budaya di Unpad tersedia di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Ilmu Budaya Unpad.

Beasiswa di Unpad ini bisa didapatkan dengan melakukan pendaftaran reguler di laman SMUP Unpad https://smup.unpad.ac.id/ , baik untuk program Sarjana maupun Pascasarjana sesuai jadwal masing-masing jalur.

Khusus untuk Sarjana, pendaftar bisa melakukan pendaftaran program Sarjana di Unpad melalui jalur prestasi. Persyaratan pendaftaran mengikuti persyaratan pendaftaran yang ditetapkan pada laman SMUP.

Fahmi mengatakan, Unpad selanjutnya akan melakukan seleksi internal. Seleksi internal dilakukan untuk mengeluarkan Letter of Acceptance (LoA) sebagai syarat utama untuk mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia tersebut.

Jadwal SMUP Unpad 2021 sebagai berikut:

SMUP Sarjana Jalur Prestasi
Pendaftaran: 17 Maret - 15 April 2021 (15:00 WIB)

SMUP Sarjana Jalur Mandiri
Pendaftaran (diperpanjang) : 5 Mei - 17 Juni 2021 (15:00 WIB)

SMUP Sarjana Terapan Jalur Mandiri
Pendaftaran: 22 Maret - 5 Juli 2021 (15:00 WIB)

SMUP Program Magister
Pendaftaran (diperpanjang): 29 Maret - 23 Juni 2021 (15:00 WIB)

SMUP Program Profesi
Pendaftaran (diperpanjang): 6 April - 23 Juni 2021 (15:00 WIB)

SMUP Program Spesialis dan Subspesialis
Pendaftaran (diperpanjang): 6 April - 23 Juni 2021 (15:00 WIB)

SMUP Program Doktor
Pendaftaran (diperpanjang): 29 Maret - 23 Juni 2021 (15:00 WIB)

Informasi dan pendaftaran SMUP Unpad https://www.detik.com/tag/smup-unpad bisa dilihat di laman https://smup.unpad.ac.id/ dan laman Beasiswa Pendidikan Indonesia beasiswa.kemdikbud.go.id.

Beasiswa Unpad mana yang mau kamu ambil, detikers?

tag

beasiswa
beasiswa S1
beasiswa Unpad S1
beasiswa Unpad S1 2021
Pendaftaran SMUP Unpad
SMUP Unpad
Unpad
SMUP Unpad 2021

Simak Video "Nadiem Berharap Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air Usai Studi"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia