68,3% Mahasiswa Ingin Kuliah Tatap Muka, Unpad Bakal Buka Kampus Agustus

Puti Yasmin - detikEdu
Kamis, 03 Jun 2021 17:00 WIB
Gedung Rektorat Unpad (dok. Unpad)
Foto: Gedung Rektorat Unpad (dok. Unpad)/68,3% Mahasiswa Ingin Kuliah Tatap Muka, Unpad Bakal Buka Kampus Agustus
Jakarta - Universitas Padjajaran (Unpad) memutuskan untuk membuka perkuliahan pada Agustus mendatang. Hal ini merespons hasil survei yang dilakukan Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad sebanyak 68,3% mahasiswa ingin kuliah tatap muka.

Menurut Rektor Unpad Rina Indiastuti, kuliah tatap muka yang dilakukan akan dilakukan dengan metode hybrid. Di mana, sebagian melaksanakan tatap muka dan sebagian sisanya melaksanakan secara online secara bersamaan.

Hal ini senada dengan rencana pembelajaran Unpad di masa depan, yakni mengadopsi teknologi dalam pembelajaran.

"Kita sedang menyongsong masa depan, digitalisasi di mana-mana. Dalam rangka mengadopsi teknologi informasi, maka Unpad masa depan akan diselenggarakan dengan cara hybrid," kata dia dalam acara 'Rektor Menyapa' yang digelar secara virtual.

Lebih lanjut, Rina mengungkapkan bahwa pihaknya telah melaksanakan pembelajaran via daring secara optimal. Namun, mahasiswa masih merasa ada kapasitas yang tidak bisa disalurkan bila hanya melalui online saja.

Untuk itu, Unpad memutuskan keputusan membuka kuliah tatap muka terbatas pada semester ganjil 2021/2022 atau pada bulan Agustus mendatang. Hal ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Rina menjelaskan bahwa mahasiswa yang boleh menjalani kuliah tatap muka terbatas adalah yang memiliki kriteria kondisi tubuh sehat, dan memiliki izin dari orang tua. Selain itu, mata kuliah yang dijalani adalah yang tak bisa ditinggalkan.

"Kalau lainnya bisa dilakukan daring, maka daring saja," sambung dia.

Sementara itu, ia mencontohkan penerapan kuliah tatap muka di Unpad akan dilakukan dengan membatasi jumlah siswa, serta memastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik.

"Contohnya ada kelas yang ingin menerapkan sebagian luring dan daring. Maka, jadi tadinya dalam satu kelas ada 50 mahasiswa, maka yang datang luring maksimum 50%. Serta tidak semua sesi mata kuliah dilakukan di kampus. Hanya 2 - 3 sesi saja dilakukan di kampus," papar Rina.

"Sebisa mungkin ruangan tanpa AC dan udara terbuka/tersirkulasi. Karena itu, tidak semua kelas akan kita fungsikan, kita akan pilih kelas-kelas (di Unpad) yang memenuhi persyaratan," tutupnya.

Simak Video "UNS Uji Coba Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa Wajib Dapat Izin Ortu"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia