Siap-siap! Hasil Seleksi Beasiswa Santri Diumumkan 31 Mei 2021 Besok

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 30 Mei 2021 07:07 WIB
beasiswa
Siap-siap! Hasil Seleksi Beasiswa Santri Diumumkan 31 Mei 2021 Besok (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)
Jakarta - Rangkaian seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2021 sudah berakhir. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Waryono Abdul Ghafur mengungkapkan hasil seleksi rencananya akan diumumkan pada Senin 31 Mei 2021.

"Seleksi tahap I dan II PBSB sudah selesai. Insya Allah, pengumuman disampaikan 31 Mei 2021," ujar Waryono dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dalam laman resmi KementerianAgama, Minggu (30/5/2021).

Hasil kelulusan dibahas dalam Rapat Koordinasi Penentuan Kelulusan PBSB 2021 yang diselenggarakan di Bogor pada 27 - 29 Mei 2021 lalu. Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan Perguruan Tinggi mitra PBSB, CSSMoRA selaku wadah berkumpul Mahasantri PBSB, serta stakeholder lain yang terlibat dalam pengelolaan PBSB.

Penilaian yang menjadi pertimbangan kelulusan peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi di antaranya adalah penguasaan materi ujian, kemampuan membaca dan memahami kitab kuning, serta wawasan kebangsaan dan ke-Indonesia-an.

Menurut Waryono, hal ini diharapkan agar mahasantri dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi bangsa dan negara.

"Desain lulusan Program Beasiswa Santri Berprestasi adalah bagaimana lulusan PBSB bisa mengenalkan pesantren yang memiliki reputasi baik. Lulusan PBSB juga nantinya diharapkan dapat memberi kontribusi signifikan bagi bangsa dan negara, terutama juga bagi pesantren," jelasnya.

Adapun jumlah peserta yang akan diterima dalam program beasiswa santri, informasi ini dijelaskan oleh Kepala Subdirektorat Pendidikan Pesantren Basnang Said melalui laman resmi Kemenag.

Basnang menyebut sebanyak 230 santri yang akan diterima dari total 4.614 pendaftar seleksi PBSB tahun 2021.

"Rakor ini akan menetapkan 230 santri yang dinyatakan lulus seleksi dan mendapat beasiswa kuliah pada 33 program studi di 21 perguruan tinggi," terangnya.

Sebelumnya, pada seleksi tahap pertama tercatat sebanyak 516 santri yang dinyatakan lulus dan berhak untuk mengikuti seleksi pada tahap kedua ini.

Hasil kelulusan beasiswa santri nantinya akan diumumkan melalui lamanwww.ditpdpontren.kemenag.go.id. Semoga berhasil ya!

Simak Video "Batal Naik Haji, Calon Jemaah Haji Tunisia Sumbangkan Uangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia