Program Beasiswa Anak Awak KRI Nanggala, Pemerintah Kucurkan Rp 33 Miliar

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 26 Mei 2021 13:01 WIB
KRI Nanggala-402 (Foto: dok. Dispenal)
Foto: KRI Nanggala-402 (Foto: dok. Dispenal)/Program Beasiswa Anak Awak KRI Nanggala, Pemerintah Kucurkan Rp 33 Miliar.
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan beasiswa bagi awak awak KRI Nanggala. Pemerintah mengeluarkan dana Rp33.251.200.000 untuk program tersebut.

Kemendikbudristek bersama dengan TNI melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada hari Selasa (25/5/2021), di Jakarta. PKS digunakan sebagai dana jaminan pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi kepada putra-putri dari awak KRI Nanggala 402.

"PKS ini adalah upaya menjalankan arahan Presiden untuk memberikan perlindungan, jaminan serta kepastian penyaluran Beasiswa Unggulan Penghargaan kepada putra-putri awak KRI 402," kata Mendikbudristek Nadiem Makariem dalam rilis yang diterima detikEdu.

Beasiswa Unggulan Penghargaan kepada putra-putri awak KRI 402 tersebut diberikan kepada 86 anak dari 53 awak KRI Nanggala dan disalurkan secara bertahap hingga tahun 2044. Beasiswa unggulan tersebut terdiri dari biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku.

Lebih lanjut menurut Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI, Yudo Margono adalah amanat dari Presiden RI, Joko Widodo sebagai wujud penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas, dan pengabdian awak kapal yang telah diberikan kepada bangsa dan negara.

"Saya harap penandatanganan ini dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan hak dan kewajiban sesuai dengan perjanjian kerja sama yang disepakati untuk menyalurkan, memantau, dan mengevaluasi pemberian Beasiswa Unggulan bagi putra-putri awak KRI 402," ujar Yudo.

Yudo juga berharap beasiswa unggulan ini dapat meringankan beban keluarga dalam hal pendidikan. Beasiswa memungkinkan anak-anak awak KRI Nanggala punya kesempatan luas untuk meneruskan cita-cita dan berprestasi.

PKS Beasiswa Unggulan Penghargaan bagi putra-putri para awak KRI Nanggala 402 ditandatangani oleh pelaksana tugas (plt) Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ainun Na'im, dengan TNI AL ditandatangani Asisten Personel Kasal, Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi berdasarkan surat perintah Kepala Staf Angkatan Laut.

Simak Video "Baju Keselamatan Awak KRI Nanggala-402 Belum Sempat Dipakai"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia