Teruntuk Siswa SMK, Mau PKL ke Luar Negeri dari Beasiswa LPDP?

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 01 Mei 2021 08:00 WIB
Sejumlah siswa mengikuti kelas praktik dengan standar protokol kesehatan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Yogyakarta, Rabu (23/9/2020). Penerapan sistem pembelajaran secara langsung ini diselenggarakan untuk mengatasi masalah yang timbul saat sistem pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring.
Foto: Pius Erlangga
Jakarta -

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) membuka beasiswa LPDP untuk siswa SMK yang ingin melakukan Praktik Kerja Lapangan di dalam negeri dan luar negeri.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menuturkan, Program Beasiswa Project Based Learning (Praktik Kerja Lapangan Bersertifikat) bagi Siswa SMK Dalam Negeri dan Luar Negeri ini adalah perluasan beasiswa LPDP tahun ini di bidang vokasi.

"Program nondegree, project based-magang bersertifikat, hal-hal di dalam industri ini, sama nilainya dengan program kuliah. Karenanya kita buka sekat program sebelumnya untuk mencapai profil pelajar Pancasila yang lebih holistik," kata Nadiem dalam kanal Youtube Kemendikbud RI seri Merdeka Belajar episode 10: Perluasan Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, diakses Jumat (30/4/2021).

Program beasiswa LPDP ini ditujukan pada siswa SMK agar mendapat pengalaman dengan belajar berbasis industri riil (Project Based Learning), meningkatkan kompetensi teknis dan melakukan PKL di dunia usaha serta dunia industri (DUDI) secara langsung, dan belajar iklim budaya kerja di industri.

Program Project Based Learning atau Praktik Kerja Lapangan Bersertifikat bagi Siswa SMK Dalam Negeri dan Luar Negeri diperuntukkan bagi siswa SMK negeri dan swasta yang telah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Klik pada halaman selanjutnya



Simak Video "Nadiem Berharap Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air Usai Studi"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia