Dear Guru SMK, Mau Ikutan Beasiswa LPDP Magang ke Luar Negeri?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 30 Apr 2021 15:00 WIB
Petugas memberikan vaksin kepada ratusan tenaga pendidik di kawasan Gor Tanjung Priok, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (6/4).
Foto: Pradita Utama/Dear Guru SMK, Mau Ikutan Beasiswa LPDP Magang ke Luar Negeri?
Jakarta -

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka beasiswa LPDP untuk Program Project Based Learning (Magang Bersertifikat) Guru SMK di dalam negeri dan luar negeri tahun 2021.

Beasiswa LPDP non gelar berbentuk program magang bersertifikat untuk guru SMK ini adalah bagian dari perluasan program beasiswa LPDP khususnya untuk program vokasi.

Mendikbud Nadiem Makarim menuturkan, beasiswa gelar dan non gelar LPDP program vokasi diharapkan mampu membantu peningkatan kompetensi dan pengembangan guru SMK.

"Guru-guru SMK didorong untuk mendapatkan pengalaman di perusahaan agar memiliki kompetisi praktik yang selaras dengan perubahan-perubahan yang ada di dunia industri, kata Nadiem dalam kanal Youtube Kemendikbud RI seri Merdeka Belajar episode 10: Perluasan Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, diakses Jumat (30/4).

Program Project Based Learning atau Magang Bersertifikat Guru SMK di dalam dan luar negeri diperuntukkan bagi guru SMK PNS dan non-PNS yang sudah punya Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), dan mengajar mata pelajaran kejuruan atau produktif di SMK.

Program magang ini ditujukan agar guru SMK mendapat pengalaman konsep pembelajaran berbasis industri riil (project based learning). Pengalaman guru SMK kemudian dapat diterapkan di sekolah untuk menciptakan iklim budaya kerja di industri.

Guru SMK penerima beasiswa LPDP Program Magang Guru Bersertifikat untuk Dalam Negeri akan magang di dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang berada di wilayah Indonesia.

Sementara guru SMK penerima beasiswa LPDP Program Magang Guru Bersertifikat untuk Luar Negeri akan magang di dunia usaha dan dunia industri (DUDI) di luar negeri, dengan sasaran guru SMK yang memiliki persyaratan tertentu.

Berikut Ketentuan Program Beasiswa LPDP Magang Bersertifikat Guru SMK:

Sasaran program

Sasaran program Project Based Learning/Magang Bersertifikat Guru SMK adalah guru SMK dengan syarat:

- Guru SMK memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
- Memiliki rekomendasi dari kepala SMK
- Sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
- Diprioritaskan bagi SMK yang melaksanakan program SMK Pusat Keunggulan
- Khusus untuk pelaksanaan Project Based Learning/Magang di luar negeri, calon peserta wajib memiliki kemampuan bahasa yang disesuaikan dengan standar industri pelaksana negara tujuan.

Manfaat

Manfaat beasiswa bagi Guru SMK:
a. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme
b. Membangun sarana eksplorasi kompetensi dalam hal project based learning melalui inovasi produk, penyelesaian permasalahan (problem-solving), serta pengembangan proses dan produk (barang dan jasa) dan prototype
c. Menciptakan sarana bagi guru untuk berkolaborasi bersama DUDI dan sarana pengembangan modul pembelajaran

Komponen biaya yang disediakan

Total sasaran penerima beasiswa LPDP untuk menjalani magang bersertifikat ini adalah 315 guru SMK.

Alokasi program dalam negeri sebanyak 240 guru SMK dan program luar negeri sebanyak 75 guru SMK. Dana maksimum yang dianggarkan LPDP adalah Rp 8,97 miliar.

Berikut komponen pendanaan Magang Guru Bersertifikat untuk Guru SMK:

1. Magang Bersertifikat Dalam Negeri
- Biaya Tiket Datang dan Pulang
- Biaya Asuransi
- Biaya Hidup

2. Magang Bersertifikat Luar Negeri
- Biaya Tiket Datang dan Pulang
- Biaya Visa
- Biaya Asuransi
- Biaya Hidup

Klik halaman selanjutnya

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia