Sandiaga Target 5 Destinasi Dapat Investasi US$ 8 M, Bali Tak Termasuk

Sandiaga Target 5 Destinasi Dapat Investasi US$ 8 M, Bali Tak Termasuk

I Wayan Sui Suadnyana - detikBali
Senin, 26 Sep 2022 21:57 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Kura-kura Bali, Serangan, Denpasar, Bali, Kamis (18/8/2022).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Badung -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan dapat investasi hingga US$ 8 miliar untuk pariwisata RI. Investasi itu ditawarkan untuk lima destinasi super prioritas, delapan kawasan ekonomi khusus, dan tiga destinasi berkelanjutan. Bali tak termasuk dalam target investasi itu.

"Kita menawarkan lima destinasi super prioritas, delapan KEK dan ada tiga destinasi pariwisata berkelanjutan," kata Sandiaga saat konferensi pers G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) di The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (26/9/2022).

Adapun lima destinasi super prioritas yang ditawarkan yakni Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Likupang di Sulawesi Utara.


Berikutnya, delapan KEK yang ditawarkan yakni KEK Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, KEK Singhasari di Jawa Timur, KEK Mandalika di NTB, KEK Likupang di Sulawesi Utara, KEK Morotai di Maluku Utara, KEK Nongsa di Riau dan KEK Lido di Jawa Barat.

Menurut Sandiaga, target investasi yang diharapkan yakni sekitar 6 sampai 8 miliar US dolar dalam tiga tahun ke depan. Investasi itu ditawarkan dalam bentuk proyek kereta gantung, akomodasi, hingga beberapa kelengkapan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Tadi juga dibicarakan kemungkinan techno park dikembangkan di beberapa destinasi untuk melengkapi ekosistem ekonomi kreatif," ungkapnya.

Menurut Sandiaga, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab sangat tertarik dengan beberapa projek yang diajukan. Ketertarikan itu akan ditindaklanjuti dalam bentuk roadshow oleh Sandiaga dalam beberapa bulan ke depan.

"Investasi yang akan kita tawarkan dan akan mendapatkan sambutan yang akan kita follow up dengan roadshow dalam beberapa bulan ke depan," jelas Sandiaga.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)