Yoga Jadi Gaya Hidup Modern, Potensi Besar Sektor Pariwisata Bali

Yoga Jadi Gaya Hidup Modern, Potensi Besar Sektor Pariwisata Bali

Tim detikBali - detikBali
Minggu, 21 Agu 2022 05:52 WIB
Penekun yoga di Bali turut memeriahkan rangkaian Sanur Village Festival 2022 di Pantai Sanur, Sabtu (20/8/2022) pagi.
Penekun yoga di Bali turut memeriahkan rangkaian Sanur Village Festival 2022 di Pantai Sanur, Sabtu (20/8/2022) pagi. (Foto: Istimewa)
Denpasar -

Aktivitas yoga dianggap memiliki potensi besar yang perlu digarap dalam industri pariwisata di Bali. Terlebih, yoga telah menjadi bagian dari gaya hidup modern yang sehat dan menggembirakan sehingga diminati wisatawan mancanegara.

"Yoga merupakan olah raga yang kini banyak digemari masyarakat dari berbagai kalangan umur, dari anak-anak, remaja dan orang tua. Olah raga ini semakin populer, itu sudah saya perkirakan sejak 10 tahun lalu, terbukti sakarang ini," kata seorang instruktur yoga Ida Bagus Chandi di sela-sela rangkaian Sanur Village Festival, Sabtu (20/8/2022).

Menurut Chandi, praktek yoga perlu dikelola dengan serius oleh pelaku yoga 'style' Bali. Sebab, saat ini justru pengelola asing lah yang jualan yoga berlabel Bali.


"Mereka mencari cuan di sini paketnya mahal sekali, hal ini harus menjadi perhatian kita semua dan Pemda harus tertibkan mereka yang melakukan praktek tanpa jelas apa jenis usahanya, " ungkapnya.

Sementara itu, ratusan penekun yoga di Bali turut memeriahkan rangkaian Sanur Village Festival 2022 atau yang dikenal dengan nama Sanfest. Kegiatan yoga massal tersebut digelar di Pantai Sanur, Sabtu (20/8/2022) pagi.

Dipandu oleh Chandi, peserta yoga kompak mengikuti berbagai tahapan mulai mengambil sikap asanas dengan gerakan teratur dari nafas, tubuh dan olah pikiran. Mereka tampak melakukan berbagai gerakan yoga yang harmoni menyambut sinar mentari terbit di Pantai Sanur.

Chandi mengatakan, para peserta yoga tersebut merupakan anggota komunitas Seger Oger dan penekun yoga dari kelompok yoga di Bali. Menurutnya, dari Pantai Sanur inilah komunitas Seger Oger berkembang di berbagai pusat-pusat pelatihan yoga yang telah menyebar di berbagai daerah di Bali.

"Teman-teman yang hadir datang dari berbagai kelompok yoga, ada dari Denpasar, Ubud, dan daerah lainya. Ajang yoga Sanur Festival tahun ini sekaligus menjadi ajang temu rindu karena sudah lama tidak berjumpa karena pandemi dan mereka sangat antusias sekali," ungkapnya.



Simak Video "Lampaui Target! 2,2 Juta Wisatawan Datang ke Bali Sepanjang 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)