Juara WMBI, Ludicia Siap Jajal Panggung Wacken Open Air di Jerman

Tim detik - detikBali
Minggu, 29 Mei 2022 20:46 WIB
Unit melodic death metal asal Denpasar Bali, Ludicia tampil totalitas dan menjadi pemenang dalam final show W:O:A Metal Battle Indonesia (WMBI).
Unit melodic death metal asal Bali, Ludicia siap jajal panggung Wacken Open Air setelah menjadi pemenang dalam final show W:O:A Metal Battle Indonesia (WMBI) 2022. (Foto: Instagram ludiciaofficial)
Denpasar -

Satu lagi band yang terlahir dari skena musik bawahtanah di Pulau Dewata menorehkan prestasi membanggakan. Sambutlah dengan meriah: Ludicia!

Unit melodic death metal asal Denpasar ini tampil totalitas dan menjadi pemenang dalam final show W:O:A Metal Battle Indonesia (WMBI) yang dihelat di Bandung, Sabtu (28/5/2022). Dan, dengan kemenangan tersebut, Ludicia berhasil mengamankan tiket untuk tampil di helatan Wacken Open Air (WOA) di Jerman!

WOA adalah salah satu festival musik metal paling bergengsi di dunia. Sederet band papan atas dunia yang dijadwalkan membakar panggung WOA tahun 2022 antara lain Slipknot, Loudess, Judas Pierst, dan masih banyak lagi.


Meski persiapan menuju final show sangat minim, Ludicia bertarung habis-habisan hingga berhasil mengalahkan 5 finalis lainnya. Sang vokalis, Teguh, mengaku tidak pernah menyangka perjalanan Ludicia bisa lolos dari babak penyisihan hingga memuncaki klasemen saat final show W:O:A Metal Battle Indonesia.

Untuk diketahui, tahapan W:O:A Metal Battle Indonesia telah dimulai Maret dan berakhir di bulan April 2022 lalu. Tercatat sebanyak 387 band dari 111 kota di Indonesia ikut berkompetisi sejak tahap penyisihan. Ia menyebut, Lucidia hanya memiliki waktu sekitar tiga hari untuk mempersiapkan penampilan mereka di final show kemarin.

Mulai naik panggung, nuansa magis terasa ketika Monot (drumer) menarikan tapel Barong Bali diiringi musik latar Tari Kecak. Sekelebat kemudian, Kumz dan Gung Sincan mulai jengjet-jengjet memainkan licks gitar yang berat nan padat. Suara parau Teguh terasa menyambar ketika Ludicia memainkan nomor perdananya.

"Jujur, kami waktu register nggak kepikiran dapet. 50 besar juga nggak kepikiran," kata Teguh kepada detikBali, Minggu (29/5/2022).

Mereka tampil apik dan mampu meyakinkan dewan juri lewat empat nomor yang dibawakan. "Prepare kami hanya tiga hari. Jadi kami sebenarnya melakukan hal semaksimal mungkin di limit waktu yang agak tipis," imbuh Teguh.

Teguh mengaku senang karena bertemu dengan empat band finalis dari daerah lain. Mereka mengaku tak memiliki ekspektasi berlebih saat menjajal panggung final. "Sebenarnya kayak manggung biasa, ketemu teman baru dan lama. Rasa kompetisinya nggak terasa sebenarnya," imbuh Teguh.

Dengan kemenangannya di helatan W:O:A Metal Battle Indonesia, Ludicia dijadwalkan tampil di panggung Wacken Open Air (WOA) di Jerman, Agustus mendatang. Dari Bumi Nusantara, Ludicia tak berangkat sendirian ke Negeri Panzer. Mereka bakal menemani band metal asal Bandung, Burgerkill dan band metal asal Garut, VOB yang sudah terlebih dahulu dipastikan tampil di panggung Wacken Open Air. (*)



Simak Video "Kasus Jilbab SMAN 1 Banguntapan, Gus Ulil: Ajaran Agama Tak Boleh Dipaksa"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)