Ekspresi Duka MU hingga Madrid untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Tim detikcom - detikBali
Senin, 03 Okt 2022 10:55 WIB
Duka mengalir dari Manchester hingga Madrid untuk korban tragedi Stadion Kanjuruhan Malang
Foto: Para pemain Real Madrid mengheningkan cipta untuk para korban tragedi Kanjuruhan sebelum laga melawan Osasuna Minggu (2/20). (BBC World)
Bali -

Dunia sepakbola berduka atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menelan 125 korban meninggal dan lebih dari 300 luka-luka. Klub-klub di Eropa mengekspresikan bela sungkawa mereka untuk para korban di Malang, Jawa Timur.

Sejumlah klub besar seperti Manchester United, Manchester City, hingga Real Madrid sudah menyampaikan ucapan duka cita.

Di Inggris, para pemain Manchester United dan Manchester City memakai pita hitam pada lengan mereka saat berlaga dalam pertandingan Liga Primer pada Minggu (2/10) sebagai tanda duka cita atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang.


Sejumlah klub Liga Primer, termasuk Arsenal, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Chelsea, dan Tottenham Hotspur melalui cuitan mengungkap "duka mendalam atas tragedi tersebut.

Di Spanyol, kompetisi La Liga dan Federasi Sepak Bola Spanyol sepakat klub-klub akan melakukan mengheningkan cipta selama satu menit sebelum pertandingan hari Minggu (02/10).

Para pemain dalam pertandingan Real Madrid CF kontra Osasuna tampak berangkulan seraya mengheningkan cipta sesaat sebelum laga dimulai Estadio Santiago Bernabeu.

Sejumlah pemain, seperti Toni Kroos dan Vinicius Jr tampak memejamkan mata.

MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 02: Christian Eriksen of Manchester United in action during the Premier League match between Manchester City and Manchester United at Etihad Stadium on October 02, 2022 in Manchester, England. (Photo by Jared Martinez/Manchester United via Getty Images)Pemain MU dan City mengenakan pita hitam dalam laga Minggu (2/20). Foto: Manchester United via Getty Imag/Jared Martinez

Mengheningkan cipta juga dilakukan sebelum pertandingan antara Espanyol dan Sevilla FC di Stadion RCDE, Barcelona.

Pernyataan dari La Liga menyebutkan mengheningkan cipta dilakukan sebagai "tanda duka cipta kepada rakyat Indonesia, khususnya bagi keluarga korban meninggal dan menghaturkan cepat sembuh bagi yang terluka.

Asosiasi sepak bola Jerman dan Serie A Italia juga mengungkap duka cita melalui Twitter.

Duka juga mengalir dari para pemain di Eredivisie Belanda.

Sebelum laga antara NEC Nijmegen dan Feyenoord FC digelar, para pemain, ofisial, dan para penonton di Stadion De Goffert terlihat menundukkan kepala sebagai tanda penghormatan terhadap para korban di Stadion Kanjuruhan Malang.

Di Indonesia, para pendukung berbagai klub Liga 1 mengadakan acara doa bersama di daerah masing-masing.

Para pendukung PSIS Semarang, misalnya, berkumpul di Stadion Jatidiri pada Minggu (2/10) guna berdoa dan berbela sungkawa untuk para korban dan keluarga yang ditinggalkan dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang.



Simak Video "Manchester United Raih Kemenangan Atas Fulham di Liga Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/dpra)