Bali United

Sosok Willian Pacheco Tangguh di Lini Belakang-Pemecah Kebuntuan

Tim detikBali - detikBali
Jumat, 12 Agu 2022 15:52 WIB
Willian Pacheco  (tengah)
Foto: Willian Pacheco (Bali United Official)
Bali -

Willian Pacheco tak hanya merupakan pemain belakang andalan, namun juga pemecah kebuntuan saat skuad Bali United melakukan serangan. Bek tengah itu didatangkan oleh manajemen Serdadu Tridatu dari klub Liga Super Malaysia, Selangor FC pada tahun 2019 lalu.

Memiliki postur setinggi 196 cm menjadikan pemilik nama lengkap Willian Silva Costa Pacheco itu tangguh mengawal lini belakang Bali United. Dengan tubuh menjulang menjadikannya lihai menghalau serangan lawan, terutama lewat skema umpan lambung ataupun bola mati.

Sepanjang membela Bali United, Pacheco telah mencatatkan total 83 penampilan di seluruh kompetisi. Pada musim lalu, ia menjadi salah satu sosok penting dan tidak tergantikan di jantung pertahanan bersama Leonard Tupamahu dengan selalu tampil dalam 30 laga. Kontribusi satu gol dan dua assist-nya membantu pasukan Serdadu Tridatu meraih gelar juara BRI Liga 1 2021/2022.


Melansir data dari Lapang Bola, dari dua laga awal BRI Liga 1 2022/2023, Pacheco tetap tampil tangguh dengan melakukan total 16 intersep dan 9 sapuan bola. Ia pun selalu bermain penuh sejak menit pertama hingga peluit panjang berbunyi.

Meskipun berposisi sebagai bek yang notabene lebih cenderung bertahan, tetapi Pacheco juga dapat diandalkan saat menyerang. Hal tersebut dibuktikan lewat catatan golnya yang terbilang mentereng bagi seorang pemain belakang.

Total sembilan gol telah dicetak oleh pemilik nomor punggung 43 itu selama berseragam Bali United di seluruh kompetisi nasional. Pacheco pun tidak hanya teruji tangguh di lini belakang, tetapi dapat diandalkan saat menyerang.

Gol-gol yang dicetak Pacheco sendiri didominasi tercipta dari sundulan. Pemain asal Sao Paulo itu benar-benar memanfaatkan keunggulan posturnya yang menjulang untuk menjadi senjata utama merobek gawang lawan.

Musim ini, dua gol yang telah ditorehkan eks pemain Timnas Brasil U-20 itu juga tercipta dari tandukan kepalanya. Pada pertandingan pembuka BRI Liga 1 2022/2023 melawan Persija (23/7/2022), Pacheco sukses menjadi penyelamat Bali United usai mampu menyundul bola umpan Irfan Jaya pada menit ke-38. Gol tunggalnya ke mantan timnya itu membuat skuad Serdadu Tridatu menang tipis 1-0 atas Macan Kemayoran.

Memasuki pertandingan ketiga melawan RANS Nusantara FC (4/8/2022), gol serupa juga tercipta. Hanya saja kali ini melalui skema bola mati, di mana umpan matang hasil tendangan bebas Fadil pada menit ke-51 sukses Pacheco konversikan menjadi gol ketiga Bali United. Berkat kontribusinya tersebut, anak asuh Stefano Cugurra ini berhasil memenangkan laga dengan skor akhir 3-2 atas The Phoenix.

Menarik dinantikan bagaimana aksi-aksi yang akan dilakukan oleh Willian Pacheco saat Bali United menghadapi Arema FC pada pekan keempat BRI Liga 1 hari Sabtu (13/8/2022) besok. Tidak hanya untuk membantu menjaga lini belakang, tetapi kepiawaiannya untuk mencetak gol juga menarik disaksikan.



Simak Video "Saat Kaesang Pangarep Izin Lanjutkan Rencana Nikah ke Gibran"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)