Pulau Lombok yang Dijuluki Pulau Seribu Masjid

Pulau Lombok yang Dijuluki Pulau Seribu Masjid

tim detikBali - detikBali
Minggu, 25 Sep 2022 20:05 WIB
Islamic Center NTB di Kota Mataram.
Islamic Center NTB di Kota Mataram. Foto: Ahmad Viqi/detikBali
Bali -

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dijuluki sebagai Pulau Seribu Masjid. Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata halal di Indonesia.

Dilansir dari Tokopedia, mayoritas masyarakat di Lombok memeluk agama Islam sehingga mendapat julukan Pulau Seribu Masjid.

Julukan pertama kali diberikan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Effendi Zarkasih pada tahun 1970, saat meresmikan Masjid Jami Cakranegara, Mataram.


Pulau Lombok terdiri dari satu kota, yaitu Kota Mataram, dan empat kabupaten, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara.

Tempat ibadah umat muslim di Pulau Lombok, tidak hanya bangunan-bangunan megah. Tetapi ada juga masjid sederhana yang berusia puluhan tahun.

Berdasarkan data BPS Nusa Tenggara Barat, terdapat lebih dari lima ribu masjid di Pulau Lombok. Masjid pertama di sana, yaitu Masjid Kuno Bayan Baleq.

Masjid Kuno Bayan Baleq terletak di Dusun Bayan, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Masjid ini dibangun Sunan Ampel dan Sunan Prapen tahun 1600-an.

Setelah masjid pertama dibangun, berbagai masjid lainnya satu per satu didirikan hingga berjumlah ribuan. Sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk wisata muslim.

Selain masjid pertama, Masjid Kuno Bayan Baleq, ada masjid ikonik lainnya di Lombok. Beberapa masjid terbesar dan ikonik di Pulau Lombok, antara lain sebagai berikut.

1. Masjid Agung Praya Lombok Tengah

Masjid Agung Praya berlokasi di Jalan Sukarno Hatta No.3, Leneng, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Masjid ini dibangun tahun 1979. Dulunya hanya mushola kecil, kini menjadi salah satu masjid terbesar di Lombok Tengah.

2. Masjid Raya Nurul Bilad Lombok Tengah

Masjid Raya Nurul Bilad berada di pintu masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Masjid ini dibangun dengan konsep arsitektur Nusantara Suku Sasak. Masjid Raya Nurul Bilad menjadi masjid termegah kedua setelah Islamic Center Hubbul Wathan Mataram.

3. Masjid Darussalam Kopang Lombok Tengah

Masjid ini berlokasi di Jalan Raya Bung Karno, Banjar Kopang, Kopang 1, Kopang Rembiga, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Masjid Darussalam Kopang dibangun tahun 1800an saat zaman kolonial Belanda. Bangunan Masjid Darussalam Kopang desainnya seperti Klenteng (tempat ibadah kaum Tionghoa).

4. Masjid Jami' Al Mujahidin Lombok Timur

Masjid Jami' Al Mujahidin berlokasi di Jalan TGH Abdul Majid No. 110 Sandubaya, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Masjid ini dibangun untuk menghormati para pahlawan kemerdekaan yang gugur melawan penjajah. Pembangunan terinspirasi desain Masjid Assyuhada Yogyakarta.

5. Masjid Raya Hubbul Wathan Mataram

Masjid Raya Hubbul Wathan berlokasi di Jalan Udayana, Gomong, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Memiliki nama lain Islamic Center Hubbul Wathan NTB menjadi masjid terpopuler dan termegah di Lombok. Masjid ini dibuka sejak tahun 2013.



Simak Video "Pesona Indah Alam Gili Air, Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)