Dua Pekan Kesulitan, Warga Dompu Berebut Air Bersih

Dua Pekan Kesulitan, Warga Dompu Berebut Air Bersih

Faruk Nickyrawi - detikBali
Senin, 12 Sep 2022 12:45 WIB
Warga di Desa Nowa, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berebut air bersih yang disalurkan oleh Polres Dompu, Senin (12/9/2022).
Warga di Desa Nowa, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berebut air bersih yang disalurkan oleh Polres Dompu, Senin (12/9/2022). (Foto: Faruk Nickyrawi/detikBali)
Dompu -

Ratusan warga di Desa Nowa, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berebut air bersih yang disalurkan oleh Polres Dompu, Senin (12/9/2022). Pasalnya, warga mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, terutama untuk minum.

Seorang warga Nowa, Marlia (42) mengaku sejak dua pekan terakhir, dirinya harus membeli air dalam kemasan 4-5 jeriken dalam sehari dengan harga Rp 10 ribu per jeriken. Air dalam jeriken itu dia gunakan untuk mencuci pakaian dan piring. Sehari-hari dia mandi di sungai dengan kondisi air keruh.

"Belinya 1 jeriken Rp 10 ribu. Untuk mandi kami mandi di sungai yang airnya keruh. Dalam sehari kita beli 4-5 jerigen itu untuk cuci, kalau air minum kita beli air galon (air isi ulang)," kata Marlia kepada detikBali.


"Kami memang kesulitan air bersih saat ini, sudah terjadi beberapa minggu ini," imbuhnya.

Salah seorang warga lainnya, Kartini mengaku bersyukur kebagian bantuan air bersih dari Polres Dompu. Dengan bantuan ini dia dapat mengurangi pembelian air yang dijual secara eceran.

"Alhamdulillah bantuan air ini bisa membuat saya tidak beli air lagi untuk beberapa hari ke depan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat menuturkan bantuan air bersih tersebut untuk meringankan warga yang terkendala kebutuhan air bersih yang menjadi kebutuhan paling utama.

"Kami mencoba membantu dan meringankan masyarakat karena di sana, Desa Nowa kami dengar mereka beli air bersih hampir setiap hari. Semoga ini dapat membantu," kata Kapolres.

Pantauan detikBali, warga Desa Nowa yang mendapatkan bantuan air mengambilnya dengan menggunakan jeriken dan ember. Mereka secara giliran menggunakan air yang dituangkan melalui selang pada mobil tangki dari Polres Dompu.



Simak Video "Pasca Banjir, Warga Jembrana Krisis Air Bersih"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)