Kenalin Angkringan Sumbul Sunset View di Jembrana, Anak Senja Merapat!

Kenalin Angkringan Sumbul Sunset View di Jembrana, Anak Senja Merapat!

I Ketut Suardika - detikBali
Senin, 03 Okt 2022 15:20 WIB
Suasana angkringan Sumbul Sunset View di Desa Yehsumbul, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Bali Minggu (2/10/2021)
Suasana angkringan Sumbul Sunset View di Desa Yehsumbul, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Bali Minggu (2/10/2021). Foto: I Ketut Suardika
Jembrana -

Menjamurnya angkringan di Jembrana, menjadi salah satu daya tarik warga untuk berkunjung sambil menikmati secangkir kopi. Seperti salah satu angkringan Sumbul Sunset View yang berada di Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana Bali.

Tidak hanya menawarkan kuliner, angkringan ini juga menyuguhkan pemandangan alam di sekitarnya. Angkringan ini berada di pinggir Pantai Yeh Sumbul, arah ke selatan dari jalan protokol sekitar 300 meter.

Sedangkan dari jarak kota negara sekitar 23 kilometer dan sekitar 175 kilometer dari arah Denpasar dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.


Angkringan Sumbul Sunset View yang baru diresmikan bulan Agustus 2022 ini, buka setiap sore mulai pukul 16.00 Wita hingga malam pukul 22.00 Wita. Dan di akhir pekan, jam buka sampai pukul 23.00 Wita.

Sedikitnya ada 6 gerobak angkringan di pinggir pantai ini. Dengan masing-masing angkringan berupa gerobak dari kayu dan besi. Dengan meja dari ban bekas di kolaborasi bean bag untuk tempat duduk para pengunjung. Selain itu, ada juga tikar yang disediakan oleh pengelola.

Seperti di tempat lain, makanan dan minuman yang disajikan di angkringan ini juga tergolong umum dengan harga terjangkau. Seperti kopi harga mulai Rp 5 ribu dan aneka minuman lainnya yang disajikan hangat maupun dingin dengan harga rata rata Rp 5-10 ribuan.

Untuk sajian makanan, mulai nasi goreng, bakso, aneka sosis, rice box chicken crispy hingga chicken steak, rerata Rp 10 ribu hingga Rp 19 ribu per porsi.

Meski dari sajian makanan dan minuman tidak jauh beda dengan angkringan tempat lain, namun dari sisi tempat angkringan ini menawarkan suasana yang berbeda. Keindahan Pantai Yeh Sumbul yang masih asri memikat para pengunjung untuk datang menikmati sunset di sore hari.

"Karena tempatnya dekat pantai, jadi suasananya enak. Itu yang membuat tertarik datang ke sini," kata Indah Rasti (39) salah satu pengunjung angkringan asal Desa Medewi, ditemui detikBali, Minggu, (2/10/2022).

Tidak hanya warga lokal, angkringan yang berada dekat dengan kawasan hotel Pantai Medewi ini juga menjadi salah satu magnet bagi turis asing yang ingin menikmati suasana pantai pada sore hari. Seperti yang dikatakan Dominic, warga Jerman bersama empat temannya sengaja mampir untuk menikmati nasi goreng di angkringan ini.

"Saya pertama kali ke sini (angkringan) sangat keren, dekat dengan pantai jadi bisa melihat matahari terbenam, kami tidak bisa melihatnya hari ini tapi itu pasti sangat indah dengan makanan dan minuman yg sangat bagus seperti street food festival," katanya.

Suasana angkringan Sumbul Sunset View di Desa Yehsumbul, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Bali Minggu (2/10/2021)Suasana angkringan Sumbul Sunset View di Desa Yehsumbul, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Bali Minggu (2/10/2021) Foto: I Ketut Suardika

I Putu Eka Cipta Santika (40) pemrakarsa angkringan sekaligus sebagai pedagang menuturkan, pengunjung angkringan tidak saja saat weekend banyak pelanggan yang datang, namun hari hari biasa juga pengunjung banyak yang datang.

"Berbeda dengan angkringan lainnya yang mengenal weekend. Disini pengunjung bagus setiap hari ada dan pendapatan stabil," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya wisatawan mancanegara (wisman) pedagang angkringan bisa terbantu. Di samping tempat yang cocok, kata Eka, wisman juga senang berbelanja karena harganya murah dan makanan yang paling sering diburu adalah nasi goreng.

"Mereka (wisman) senang, karena kita menyajikan makanan dengan harga lokal," pungkasnya.



Simak Video "Sumbul Sunset View, Angkringan di Jembrana dengan Pemandangan Indah"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/iws)