ART Susi Buat Status Foto Selfie 'Cukup Tau Aja' Usai Peristiwa Magelang

Nasional

ART Susi Buat Status Foto Selfie 'Cukup Tau Aja' Usai Peristiwa Magelang

Tim detikNews - detikBali
Rabu, 30 Nov 2022 14:48 WIB
Denpasar -

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu mengaku sempat melihat ART Ferdy Sambo, Susi membuat status di Whatsapp Story dengan memasang foto selfie usai kejadian di Magelang. Dalam status foto selfie itu, menurut Eliezer, Susi memberikan stiker di bibir bertuliskan 'Cukup tau aja'.

Hal itu terungkap saat Eliezer bersaksi di sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat dengan terdakwa Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal di PN Jaksel, Rabu (30/11/2022).

Eliezer mengatakan kejadian itu terjadi pada 7 Juli lalu. Mulanya saat dirinya dan Ricky mengantar anak Sambo ke Jogjakarta, tiba-tiba ada telepon masuk dari Putri Candrawathi. Putri sambil menangis memintanya dan Ricky untuk segera pulang ke rumah.

"'Ih Bang ibu telepon saya Bang', ibu nangis 'Kamu di mana dek? balik sekarang dek, mana di mana Ricky, tolong ibu dek," kata Eliezer menirukan suara Putri.

Mendengar tangisan Putri di telepon, Eliezer dan Ricky langsung bergegas menuju ke rumah Magelang. Setiba di rumah, kata Eliezer mulanya tidak ada siapa pun di sana. Namun, setelah naik ke lantai 2 sudah ada Kuat dan ART bernama Susi.

"Saya matiin (telepon) 'Bang, Bang, Bang, Ibu nangis Bang' langsung berdua lari ke mobil, saya yang bawa mobil, kencang Rumah sepi Yang Mulia masuk lah kami berdua kok tidak ada orang, Bang Ricky naik ke lantai 2 ke atas saat lihat ada Kuat sama Susi," jawab Eliezer.

Eliezer mengaku saat itu sempat menengok ada Putri Candrawathi yang tengah terbaring di tempat tidur di kamar. Eliezer pun menanyakan kepada Kuat apa yang terjadi. Dengan penuh emosi, Kuat mengatakan agar Eliezer tidak tahu dulu terkait masalahnya.

"Yang nelepon saya ibu, saya nengok ke arah kamar ibu ada di kamar lagi baring saya nanya Om Kuat dia kayak orang emosi 'Om ada masalah apa?' 'Sudah kamu tidak usah tahu dulu' baru dia ajak saya turun," kata Eliezer menirukan percakapan dengan Kuat.

Eliezer pun sempat bertanya kepada Yosua. Kala itu, kata Eliezer, Yosua juga tidak mengetahui dan malah menyebut Kuat marah-marah.

"Saya keluar tanya ke Bang Yos 'Bang?' 'Hem' 'Bang? Ada masalah apa?' 'Tidak tahu tuh Kuat marah-marah', 'Bang saya sudah tanya Kuat, Kuat bilang tidak usah tahu, saya kalau ada apa-apa jangan libatkan saya'," kata Eliezer menirukan percakapan dengan Yosua.

Singkat cerita, Eliezer kemudian sempat melihat Susi menangis di kamar. Namun Susi tak menjawab saat ditanya apa masalahnya.

"Masuk ke dalam itu kalau lewat kelihatan ada Susi duduk di samping tempat tidur nangis-nangis 'Kenapa?' dia tidak jawab saya," kata Eliezer.


Karena tak dijawab Susi, Eliezer pun langsung masuk ke kamar dan membuka ponsel. Di sinilah, saat membuka aplikasi Whatsapp, Eliezer melihat Susi membuat status dengan memasang foto selfie lalu diberi stiker di bibir bertuliskan 'Cukup tau aja'.

"Saya masuk kamar, pas saya saya main handphone, buka-buka handphone, saya kan simpan nomor Susi, saya lihat Susi buat status selfie foto dia sendiri, baru di muka, di bibir pakai stiker bertuliskan 'cukup tau aja'," ujarnya.

Eliezer dalam sidang ini sebagai saksi dalam perkara Birpka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf. Eliezer juga terdakwa dalam kasus ini, dia didakwa bersama-sama dengan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, dan Bripka Ricky Rizal melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat. Eliezer disebut dengan sadar dan tanpa ragu menembak Yosua.

Dalam perkara ini, para terdakwa didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

(nor/hsa)