Alasan Jendela Pesawat Harus Dibuka Saat Lepas Landas dan Mendarat

Alasan Jendela Pesawat Harus Dibuka Saat Lepas Landas dan Mendarat

tim detikTravel - detikBali
Minggu, 25 Sep 2022 14:24 WIB
travel to Paris, view of Eiffel Tower from the window of airplane, holidays in France, Europe
Ilustrasi jendela pesawat. Foto: iStock
Bali -

Terungkap alasan jendela pesawat harus dibuka saat lepas landas dan mendarat. Penumpang pesawat pasti tidak asing dengan peraturan ini.

Dilansir dari detikTravel, terdapat beberapa teori tentang peraturan ini. Beberapa penumpang menilai jendela yang terbuka membuat tekanan udara di pesawat akan tetap stabil.

Namun beberapa orang menyebut peraturan itu dilakukan agar awak kabin dapat melihat sayap pesawat saat lepas landas. Seorang pramugari menjawab pertanyaan tersebut.


"Jika terjadi kesalahan, penumpang dapat melihatnya dan memberi tahu awak kabin," tulisnya, seperti dikutip dari detikTravel.

Menurut penuturan pramugari tersebut, awak kabin tidak selalu bisa memantau keadaan pesawat saat lepas landas. Pasalnya, mereka juga akan duduk di kursi pramugari.

Sehingga penumpang pesawat yang menjadi mata pengganti kru kabin. Penumpang yang duduk di dekat jendela dapat melihat langsung ke arah sayap pesawat.

"Jendela harus selalu terbuka dan penumpang dapat melihat apa yang salah dengan sayap pesawat," timpal seorang pramugari lain.



Simak Video "Penumpang Pesawat Domestik Enggak Perlu Tes Antigen-PCR, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)