Afrika Desak Kerajaan Inggris Kembalikan Berlian di Mahkota Ratu Elizabeth II

Afrika Desak Kerajaan Inggris Kembalikan Berlian di Mahkota Ratu Elizabeth II

Tim detikEdu - detikBali
Minggu, 18 Sep 2022 13:27 WIB
Ratu Elizabeth II memiliki mahkota bertakhtakan lebih dari 3.000 batu permata. Yuk lihat lebih dekat mahkota tersebut.
Foto: ilustrasi mahkota Ratu Elizabeth II (Richard Heathcote/Pool Photo via AP)
Bali -

Sebuah berlian yang dikenal dengan sebutan Great Star of Africa atau Cullinan I tengah memicu polemik. Afrika Selatan (Afsel) meminta berlian yang berada di mahkota dan tongkat Ratu Elizabeth II ini dikembalikan.

Cullinan I adalah sebuah permata berlian berukuran besar yang kini berada di Kerajaan Inggris. Berlian ini diklaim milik Afrika Selatan setelah didapatkan dari tambang berlian pada tahun 1905.

Dilansir dari CNN, oleh otoritas kolonial Afrika Selatan, berlian ini diberikan kepada keluarga kerajaan Inggris. Kini berlian Cullinan I terpasang di tongkat Ratu Elizabeth II. Kepergian Ratu Elizabeth II ini lantas menjadi awal dari Afrika Selatan meminta kembali berlian yang dianggap milik mereka.


Banyak orang Afrika Selatan memandang akuisisi permata berlian oleh Inggris ini tidak sah. Itulah sebabnya, masyarakat Afrika Selatan menulis petisi yang isinya menagih berlian ini.

Kerajaan Inggris diminta ganti rugi

Saking berharganya berlian ini, di Afrika Selatan sedang heboh memperdebatkan kepemilikan permata itu. Selain meminta berlian dikembalikan, masyarakat juga meminta kerajaan Inggris memberikan pembayaran ganti rugi.

"Berlian Cullinan I harus dikembalikan ke Afrika Selatan dengan segera," kata aktivis Thanduxolo Sabelo.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa kekayaan sumber daya alam dari Afrika Selatan selalu memberi keuntungan bagi Inggris. Sementara rakyat Afrika Selatan harus menjadi korban.

"Mineral negara kita dan negara lain terus menguntungkan Inggris dengan mengorbankan rakyat kita," lanjut Sabelo.

Lebih dari 6.000 orang telah menandatangani petisi yang meminta berlian Cullinan I dikembalikan dan dipajang di museum Afrika Selatan.

Seorang anggota parlemen Afrika Selatan, Vuyolwethu Zungula, mendesak negaranya untuk menuntut ganti rugi atas semua kerusakan yang dilakukan oleh Inggris dan juga menuntut pengembalian semua emas, berlian yang dicuri oleh Inggris.

Gaung soal penagihan berlian milik Afrika Selatan ini juga ramai di media sosial seperti Twitter. Dapat dilihat ketika Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa memposting tweet yang memuji Ratu Elizabeth II, masyarakat Afrika Selatan justru menyindir soal berlian.

Tanggapan Kerajaan Inggris

Menurut Royal Collection Trust, lembaga yang mengawasi koleksi kerajaan keluarga kerajaan Inggris, berlian Cullinan I diberikan kepada Raja Edward VII pada tahun 1907. Raja Edward VII yang saat itu berkuasa, menerima berlian ini dua tahun setelah ditemukan.

"Berlian itu dikirim ke Royal Asscher dari Amsterdam untuk dibelah pada tahun 1908," ujar pihak Royal Asscher yang merupakan perusahaan pemotongan berlian yang sudah eksis sejak 1854.

Menurut pihak Royal Asscher, berat awal berlian ini sekitar 3.106 karat. Saking besarnya, berlian utuh ini memiliki ukuran sebesar hati manusia.

Royal Asscher menjelaskan bahwa permata itu dibeli oleh pemerintah Transvaal Afrika Selatan yang saat itu dijalankan oleh pemerintahan Inggris. Berlian ini menjadi hadiah ulang tahun Raja Edward VII.

Seorang profesor politik Afrika Universitas Afrika Selatan, Everisto Benyera, menolak penjelasan ini. Dia mengatakan kepada CNN bahwa "transaksi pada masa kolonial tidak sah dan tidak bermoral."

"Narasi kami adalah bahwa seluruh pemerintah Transvaal dan Persatuan Afrika Selatan dan sindikat penambangan yang bersamaan adalah ilegal," kata Benyera.

Ia juga mengklaim aksi jual beli ini tidak sah dan dapat dianggap sebagai pencurian.

Berlian dipotong menjadi banyak

Ukuran asli berlian ini memang sangat besar, namun sudah dilakukan pemotongan menjadi beberapa ukuran. Menurut Royal Asscher, berlian Cullinan I dipotong menjadi sembilan batu besar dan 96 potongan berlian kecil.

Berlian dengan ukuran terbesar diberi nama Great Star of Africa oleh Raja Edward VII. Sementara untuk berlian yang lebih kecil diberi nama Smaller Star of Africa.

Ratu Elizabeth II sering menunjukkan berlian Cullinan I

Berlian Cullinan I memiliki warna merah muda yang cantik. Berlian berukuran besar dipasang di Tongkat Kerajaan Inggris. Sementara berlian yang lebih kecil terpasang di mahkota Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II diketahui sering memamerkan berlian ini. Ia sering melakukan pemotretan dengan menggunakan tongkat maupun mahkota bertakhta berlian.

"Mendiang Ratu Inggris telah memamerkan (berlian) ini selama lebih dari setengah abad," kata Leigh-Ann Mathys, juru bicara nasional untuk Pejuang Kebebasan Ekonomi (EFF), sebuah partai politik oposisi Afrika Selatan.

Diungkapkan lebih lanjut, Mathys menuntut kerajaan Inggris melakukan pengembalian berlian kepada warga Afrika Selatan.



Simak Video "Keistimewaan Mahkota Berlian di Atas Peti Jenazah Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)