Sosok AKBP Wikarniti, Kapolres Wanita Satu-satunya di Bali

Triwidiyanti - detikBali
Kamis, 01 Sep 2022 20:54 WIB
Kepala Keporisian Resor (Kapolres) Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, AKBP Ida Ayu Wikarniti.
Kepala Keporisian Resor (Kapolres) Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, AKBP Ida Ayu Wikarniti. (Foto: Istimewa)
Badung -

AKBP Ida Ayu Wikarniti menjabat sebagai Kepala Keporisian Resor (Kapolres) Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai dan dilantik sejak 24 April 2022. Wanita kelahiran Gianyar 28 November 1973 ini merupakan kapolres wanita satu-satunya di Bali. Lantas, bagaimana perjalaan karier AKBP Wikarniti?

Kepada detikBali, istri dari Anak Agung Rai Sugiartha ini menceritakan perjalanan karirnya sebelum menjabat sebagai Kapolres Bandara Ngurah Rai. Lulusan sarjana ekonomi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) tahun 1997 mengaku dirinya tidak memiliki keluarga yang berprofesi sebagai polisi.

"Kakek saya bilang kamu cocok jadi polisi coba aja daftar. Ya sudah daftar, eh ternyata lolos. Awalnya saya sarjana ekonomi waktu itu," ungkapnya, Kamis (1/9/2022).


"Dari hasil tes itu saya cocoknya jadi polisi," imbuh putri dari seorang seniman pelukis ini.

Adapun penempatan pertama dirinya berdinas di Bagian Keuangan Polda Bali. Ia juga sempat menempuh pendidikan di Selapa Polri, Ciputat, pada 2009. Setelah itu, sejak 2012 AKBP Wikarniti kemudian bertugas di Biro Perencanaan Polda Bali.

Perjalanan karier ibu tiga orang anak ini tak berhenti sampai di sana. Pada 2014, ia dipercaya menjabat sebagai Kapolsek Mengwi. Tak hanya karier, ia terus mengembangkan diri dengan menempuh pendidikan di Sespimmen di Lembang, Bandung.

"Saat itu saya hamil jadi Kapolsek Mengwi dan di tahun 2016, saya juga menyelesaikan pendidikan di Sespimmen," imbuhnya.

Setelah itu, ia berdinas setahun di bagian Reskrimum Polda Bali dan ditarik kembali ke Bagian Keuangan. Barulah pada 2022, ia ditunjuk melalui surat telegram Kapolri untuk menjabat sebagai Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

"Tepatnya itu Maret 2022 saya Plt dulu di Polres Bandara kemudian bulan April saya melalui surat telegram dari Kapolri Pak Listyo Sigit untuk menjabat di Polres Bandara," imbuhnya.

Wanita asal Ubud ini mengaku senang bisa menjadi Kapolres wanita satu-satunya di Bali. Ia pun mengaku tertantang untuk menangani Polres yang baru dikukuhkan pada Maret 2022 itu. Terlebih, kini Bali menjadi tuan rumah KTT G20 dan kawasan Bandara Ngurah Rai menjadi salah satu titik sentral karena menjadi pintu masuk Bali bagi para delegasi dari berbagai negara.

"Luar biasa, saya bisa bertemu dengan banyak pimpinan negara asing. Saya juga bisa komunikasi dengan pimpinan negara kita, itu rezeki paling luar biasa buat saya," ujarnya.

Meski memiliki tugas sebagai anggota Polri, Wikartini mengaku tetap berusaha membagi waktu dengan keluarga. Ia pun tak lupa meminta restu keluarga untuk setiap tugas yang dijalaninya.

"Apa yang saya lakukan harus sesuai restu keluarga. Goal saya untuk keluarga dan kesuksesan saya untuk keluarga," tandasnya.



Simak Video "Amarah Plt Dirjen Imigrasi ke Bank di Gerai VoA Saat Sidak Bandara Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)