Pekan Terakhir BIAN, Buleleng Catat Baru 28 Persen Anak Terimunisasi

Pekan Terakhir BIAN, Buleleng Catat Baru 28 Persen Anak Terimunisasi

Tim detikBali - detikBali
Sabtu, 27 Agu 2022 10:49 WIB
Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 di Buleleng
Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 di Buleleng. Foto: Pemkab Buleleng
Buleleng -

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 memasuki pekan terakhir. Di Kabupaten Buleleng, Bali dilaporkan baru 28,13 persen anak telah menerima manfaat program BIAN.

"Pelaksanaannya kami masih berproses sesuai jadwal yang sudah disusun. Progres per 24 Agustus 2022 baru mencapai 28,13 persen," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dr Sucipto, dalam keterangan tertulis yang diterima detikBali, Sabtu (27/8/2022).

Capaian tersebut masih jauh dari target minimal yakni 95 persen. Pihaknya mengaku akan terus menggenjot target cakupan pelaksanaan BIAN hingga akhir tahun.


"Jika masih tercecer, akhir tahun kami targetkan selesai," terangnya.

Buleleng sendiri menargetkan 3.527 orang anak terimunisasi dalam program BIAN 2022. Dengan rincian vaksin dan sasarannya yakni vaksin OPV 368 orang, IPV 517 orang, DPT-HB-HiB 806 orang, MR 1.341 orang, DT 65 orang, Td 45 orang dan MR anak sekolah 358 orang.

"Vaksin pada program BIAN ini dilakukan di Posyandu dan sekolah play group atau TK serta Sekolah Dasar (SD). Untuk SD kelas I,II dan V sesuai jadwal yang telah ditentukan di masing-masing sekolah dan di bawah playgroup dilakukan di Posyandu atau Puskesmas," imbuhnya.

Untuk stok vaksin, Kadis Sucipto mengatakan kesediaan vaksin dari pusat ke provinsi dan distribusi ke kabupaten Buleleng dipastikan aman.

"Kalau sudah menjadi program Menkes otomatis vaksin tersedia dan stok aman," imbuhnya.

Kadis Sucipto berharap pada program BIAN ini semua anak terimunisasi sehingga terbentuk herd immunity, kekebalan yang bisa dibentuk oleh vaksin guna mencegah penyakit, salah satunya penyakit COVID-19, tetanus, polio dan sebagainya. Antisipasi ini sangat penting dilakukan.



Simak Video "Dinkes DKI Jakarta Targetkan 715 Ribu Anak Diimunisasi Campak dan Rubella"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)