Presiden Rusia Telepon Jokowi: Ucapkan Selamat HUT RI-Bahas G20

Tim detikNews - detikBali
Jumat, 19 Agu 2022 07:55 WIB
Infografis 2 tawaran Vladmir Putin ke Jokowi
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (Infografis detikcom/Denny)
Bali -

Presiden Rusia Vladimir Putin menelepon Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keduanya sempat membicarakan sejumlah hal, mulai dari hari ulang tahun (HUT) RI ke-77 hingga hubungan antara Rusia dan Indonesia.

"Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo @jokowi mengadakan percakapan telepon," tulis Kedubes Rusia seperti dilihat detikcom di akun Twitter resminya @RusEmbJakarta, Jumat (19/8/2022).

Dalam kesempatan telepon itu, Kedubes Rusia mengatakan Putin juga sempat mengucapkan selamat hari ulang tahun RI ke-77. Dia juga menyampaikan itu kepada rakyat Indonesia.


"Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia kepada Joko Widodo dan rakyat Indonesia," tulis Kedubes Rusia.

Tak hanya itu, Putin dan Jokowi juga disebut membahas hubungan Rusia dan Indonesia. Khususnya terkait kesepakatan atas kunjungan Jokowi ke Rusia yang terjadi beberapa saat lalu.

"Kedua pemimpin membahas hubungan Rusia-Indonesia dengan fokus pada implementasi kesepakatan yang dicapai selama kunjungan Joko Widodo ke Rusia baru-baru ini, termasuk mempromosikan sejumlah proyek bilateral utama di bidang ekonomi dan perdagangan," lanjut Kedubes Rusia.

Selain itu, Kedubes Rusia menyampaikan Putin dan Jokowi juga membicarakan persoalan pangan global dan upaya Rusia untuk menstabilkan kondisi pangan global. Kemudian, presidensi G20 Indonesia hingga KTT di Bali juga turut dibahas.

"Dibicarakan ketahanan pangan global. Antara lain, Vladimir Putin memberitahu upaya Rusia bersama Turki dan Sekretariat PBB untuk menstabilkan pasar biji-bijian dan pupuk global. Sehubungan dengan presidensi G20 Indonesia, persiapan untuk KTT di Bali pada bulan November juga disinggung," ujar Kedubes Rusia.



Simak Video "Terima Undangan KTT G20 dari Jokowi, Presiden Putin Bakal Hadir?"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)